Lalu Lintas Tersendat, Jalan Abdul Gani Kota Batu Diterjang Banjir Lumpur

Lalu Lintas Tersendat, Jalan Abdul Gani Kota Batu Diterjang Banjir Lumpur

  • Bagikan
Petugas saat melakukan pembersihan material sisa banjir lumpur di Jalan Abdul Ghani Atas, Kota Batu, Selasa (30/11/2021). (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

BATU, Tugujatim.id – Jalan Abdul Gani Atas, Kecamatan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu diterjang banjir lumpur, Selasa (30/11/2021). Banjir ini diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi di kawasan Kota Apel ini. Kejadian tersebut membuat lalu lintas sempat terputus selama beberapa jam.

Agung Sedayu, Kepala BPBD Kota Batu, menjelaskan bahwa banjir lumpur ini terjadi pada sekira pukul 14.00 WIB. Intensitas hujan yang terjadi di Kota Batu juga sedang tinggi dan berlangsung lama sekitar 4 jam lebih.

Petugas membersihkan lumpur di Jalan Abdul Gani Kota Batu. (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

Kejadian ini terjadi karena saluran irigasi mengalami pendangkalan, sehingga tidak mampu menampung dan mengalirkan air. Akibatnya, air beserta lumpur meluap dan menutup badan jalan sepanjang 20 meter dan lebar 6 meter.

”Tebal material lumpur mencapai 15 cm sehingga menutup badan jalan dan membuat arus lalu lintas terganggu,” jelas Agung dihubungi.

Usai mendapat laporan ini petugas, relawan dan masyarakat bersama melakukan pembersihan material lumpur agar lalu lintas segera normal.

”Kami juga merekomendasikan desa untuk membuat sudetan dan normalisasi saluran irigasi agar tidak lagi ada kejadian terulang,” pungkasnya.

  • Bagikan