Lestarikan Lingkungan, Khofifah Tanam Pohon dan Lepas Liarkan Burung di Hutan Lindung - Tugujatim.id

Lestarikan Lingkungan, Khofifah Tanam Pohon dan Lepas Liarkan Burung di Hutan Lindung

  • Bagikan
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Aditya Halindra Faridzky menanam pohon di tepi Pantai Sowan, Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, pada Kamis (28/10/2021). (Foto: Dokumen) tugu jatim
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Aditya Halindra Faridzky menanam pohon di tepi Pantai Sowan, Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, pada Kamis (28/10/2021). (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menggalakkan penanaman berbagai jenis pohon serta melepasliarkan berbagai jenis burung ke alam di kawasan hutan lindung di tepi Pantai Sowan, Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Kamis (28/10/2021). Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan serta pencegahan dampak pemanasan global.

Bersama Bupati Tuban, pejabat pemerintahan, serta masyarakat sekitar hutan, Khofifah menanam berbagai jenis tanaman seperti alpukat aligator, bisbul, asem jawa, sirsak, nangka dan matoa.

“Seluruhnya merupakan jenis tanaman penghijauan yang batangnya tidak memiliki nilai ekonomis, sehingga aman dari pembalakan liar,” ujar Khofifah usai kegiatan penanaman pohon.

Selain tanam pohon, Khofifah juga melepas liarkan tiga jenis burung ke alam bebas. Yaitu burung kowak malam kelabu, pecuk padi hitam, burung ibis putih kepala hitam, yang memiliki habitat sekitar air.

“Kegiatan ini semoga bisa memelihara ekosistem dan meningkatkan daya dukung dan kelestarian serta lingkungan,” harap mantan Menteri Sosial RI era Presiden Jokowi periode pertama ini.

Mengingat, pemanasan global atau global warming yang melanda seluruh belahan bumi telah memicu sejumlah bencana alam. Bahkan, peringatan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada awal musim penghujan bulan November hingga Februari 2021, wilayah Jatim berpotensi dilanda badai La Nina dan Hidrometeorologi.

“Ini menjadi perhatian kita bersama untuk menjaga ekosistem lingkungan,” pungkasnya

Usai menanam pohon dan melepas liarkan burung, Gubernur Khofifah juga meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat sekitar hutan setempat. Tingginya antusiasme masyarakat, membuat 1 ribu dosis vaksin yang disediakan ludes hanya dalam waktu setengah hari.

  • Bagikan