4 Fakta Musik Dangdut yang Membuat Pamornya tak Pernah Mati

4 Fakta Musik Dangdut yang Membuat Pamornya tak Pernah Mati

  • Bagikan
Nassar Fahad Ahmad Sungkar salah satu penyanyi dangdut Indonesia. /tugu jatim
Nassar Fahad Ahmad Sungkar salah satu penyanyi dangdut Indonesia. (Foto: Instagram @kingnassar88)

Oleh: La Ode Abdul Farid*

Tugujatim.idDangdut, salah satu genre musik yang tak asing lagi terdengar di telinga kita. Musik dangdut telah diputar di mana-mana. Saat ini, musik genre ini digemari banyak masyarakat mulai dari golongan anak-anak hingga dewasa. Tapi, tahukah kamu ternyata musik dangdut mempunyai beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Musik asli Indonesia

Memang sebagian orang tidak menyukai dengan musik dangdut. Namun, perlu diketahui bahwa musik pop, jazz, rock bukanlah berasal dari Indonesia. Musik asli Indonesia adalah dangdut. Musik ini merupakan hasil perpaduan dari musik Melayu, India, dan Arab. Adapun asal mula musik dangdut masuk ke Indonesia karena pedagang Arab ke Indonesia sembari membawa lagu kasidah dan gambus. Secara perlahan, transformasi musik ini terjadi beberapa perubahan sehingga menemukan bentuk sesungguhnya seperti yang kita dengar saat ini.

2. Musik sejuta umat

Tak hanya menjadi identitas Indonesia, dangdut telah digemari hampir di seluruh Indonesia. Sehingga musik ini telah terkenal dan tak diragukan lagi keunikannya. Banyak acara-acara di televisi dan aplikasi tertentu menampilkan orang berjoget dengan diiringi musik dangdut.

3. Membuat sehat dan hati tenang

Dengan bergoyang dangdut bisa membuat badan bergerak sehingga menghasilkan keringat. Aktivitas seperti ini dapat disebut sebagai olahraga yang menyehatkan. Selain mengeluarkan keringat, lirik lagu dangdut terkadang membuat kamu dapat melupakan masalah. Alunan musiknya yang enak didengar di telinga.

4. Ampuh dalam memanggil massa

Dangdut dapat menjadi senjata paling ampuh untuk mengumpulkan massa. Tidak heran ketika acara resepsi pernikahan dan kegiatan massa lainnya sering menggunakan musik dangdut. Mengundang penyanyi dangdut yang sedang hits dan ditambah acaranya gratis, dijamin banyak orang berbondong-bondong mendatangi acara tersebut.

*Penulis adalah member Pondok Inspirasi.

  • Bagikan