Lomba Balap Dayung Kapal Nelayan di Pasuruan Bakal Jadi Destinasi Wisata Bahari - Tugujatim.id

Lomba Balap Dayung Kapal Nelayan di Pasuruan Bakal Jadi Destinasi Wisata Bahari

  • Bagikan
Lomba balap dayung kapal di Kota Pasuruan, Minggu (14/11/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Lomba balap dayung kapal di Kota Pasuruan, Minggu (14/11/2021). (Foto: Dokumen)

PASURUAN, Tugujatim.id – Puluhan nelayan adu cepat dalam lomba balap dayung kapal di dermaga Pelabuhan Kota Pasuruan, Minggu (14/11/2021). Bahkan, para warga yang menonton ikut bersorak mendukung 16 kapal nelayan yang saling berlomba sampai di garis finish.

Lomba balap dayung kapal yang digelar Pemkot Pasuruan itu untuk menciptakan destinasi wisata bahari pesisir pantai pelabuhan Pasuruan.

“Pemerintah ingin mengembangkan potensi baru pariwisata bahari di Kota Pasuruan. Saya lihat antusiasme warga cukup tinggi,” ujar ketua panitia lomba balap kapal Muhammad Arif.

Pria yang juga menjadi anggota DPRD Komisi I Kota Pasuruan ini mengungkapkan, lomba balap dayung kapal nelayan juga untuk merayakan Hari Santri Nasional.

“Lomba balap dayung kapal sebenarnya merayakan Hari Santri Nasional. Ada 16 tim yang ikut. Satu timnya ada 5 orang,” ungkapnya.

Melalui lomba balap dayung kapal nelayan ini, Pemkot Pasuruan berupaya melestarikan budaya dan tradisi masyarakat pesisir Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

“Lomba balap kapal sudah lama ada, dulu swadaya masyarakat Panggungrejo. Kini pemkot sudah memfasilitasi jadi agenda tahunan dalam memperebutkan Piala Wali Kota,” ujarnya.

Lomba balap dayung kapal di Kota Pasuruan dalam satu tim ada 5 orang nelayan, Minggu (14/11/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Lomba balap dayung kapal di Kota Pasuruan dalam satu tim ada 5 orang nelayan, Minggu (14/11/2021). (Foto: Dokumen)

Dia melanjutkan, untuk para nelayan yang jadi juara 1, 2, dan 3 disediakan hadiah berupa trofi Piala Wali Kota serta uang pembinaan senilai Rp 7 juta.  Arif berharap jika ke depannya destinasi wisata bahari lomba dayung kapal ini dapat meningkatkan perekonomian warga pesisir Kota Pasuruan.

“Event ini selain mengenalkan tradisi masyarakat pesisir, juga ada nilai ekonominya. Ke depannya kami akan kerja sama dengan warga membuka stan bazar dan UMKM di sepanjang dermaga pelabuhan Kota Pasuruan,” ujarnya.

  • Bagikan