Ketika Macan Tutul Jawa di Batu Secret Zoo Ikut Rayakan Halloween - Tugujatim.id

Ketika Macan Tutul Jawa di Batu Secret Zoo Ikut Rayakan Halloween

  • Bagikan
Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas), salah satu koleksi satwa kucing besar di Batu Secret Zoo tengah penasaran dengan makanannya yang dibungkus labu khas Halloween. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Macan tutul jawa (Panthera pardus melas), salah satu koleksi satwa kucing besar di Batu Secret Zoo tengah penasaran dengan makanannya yang dibungkus labu khas Halloween. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Ada pemandangan yang unik pada perayaan Halloween di Batu Secret Zoo, Kota Batu, Minggu (31/10/2021) ini. Bagaimana tidak, hewan-hewan penghuni kebun binatang tersebut, mulai macan tutul jawa hingga berang-berang semuanya mengenakan atribut atau pernak-pernik khas Halloween.

Meski orang Indonesia jarang memperingatinya, perayaan Halloween sendiri kerap digelar di berbagai negara setiap tanggal 31 Oktober. Di hari perayaan ini biasanya dirayakan dengan memakai atribut dan pernak-pernik menyeramkan. Salah satunya yang paling banyak dijumpai adalah buah labu yang diukir dengan bentuk wajah monster menyeramkan.

Nah, tak hanya manusia saja yang merayakannya, tapi juga hewan-hewan yang ada di Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park 2, Kota Batu. Salah satunya adalah Si Manis, macan tutul jawa (Panthera pardus melas) koleksi Batu Secret Zoo.

Pertama-tama, pawang Si Manis meletakkan labu Jack-o-lantern berisi daging ayam mentah segar di sekitaran kandangnya. Tak lama, kucing besar berjenis kelamin betina ini keluar dan langsung menghampiri buah labu tersebut.

Macan tutul jawa (Panthera pardus melas), salah satu koleksi satwa kucing besar di Batu Secret Zoo tengah penasaran dengan makanannya yang dibungkus labu khas Halloween. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Macan tutul jawa (Panthera pardus melas), salah satu koleksi satwa kucing besar di Batu Secret Zoo tengah penasaran dengan makanannya yang dibungkus labu khas Halloween. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Namun, dia tampak heran dengan makanannya yang tak familiar karena dibungkus labu. Si Manis pun tidak langsung memakannya dan malah sempat bermain-main dengan buah labu berisi daging ayam tersebut.

Tak lama, Si Manis pun sadar bahwa mangsanya berada di dalam labu tersebut. Ia pun dengan rakus melahapnya hingga habis. Tak hanya Si Manis yang merayakan Halloween, tapi juga satwa-satwa lain seperti Cotton-top Tamarin, Dwarf Mongoose, Giant Anteater dan Giant Otter.

Semua satwa pilihan ini mendapatkan kado spesial makanan favorit mereka dalam bentuk Jack-o-lantern. Manajemen Jatim Park 2 membuat acara khusus untuk mereka dan juga pengunjung bertajuk Zoolloween, Minggu (31/10/2021).

Ini adalah perayaan untuk kali pertama. Sekaligus diklaim merupakan kebun binatang di Indonesia yang merayakan Halloween dengan melibatkan para satwanya.

“Saya rasa kami adalah satu-satunya kebun binatang yang merayakan Halloween. Kalau biasanya Halloween terkesan seram, disini kami kemas beda, dirayakan oleh para satwa,” kata Guest Relation Officer (GRO) Batu Secret Zoo, Edo Mayranda Hardi Putrampada awak media.

Suguhan ini menjadi angin segar bagi manajemen JTP 2 mengingat sudah hampir setahun lebih tidak beroperasi lantaran pandemi Covid-19. JTP mulai buka sejak 20 Oktober 2021 lalu dan animo pengunjungnya terus membeludak meski pihak JTP memberlakukan pembatasan hingga 25 persen dari total kapasitas.

”Hingga saat ini catatan kita, pengunjung tiap harinya berkisar antara 1.000-1.500 per hari,” kata dia.

Terpisah, Chintya (26), pengunjung asal Malang merasa terhibur dengan kembali beroperasinya wahana wisata favoritnya itu. Dia mengaku memang suka dengan dunia flora sehingga selalu tidak bosan untuk berkunjung ke Batu Secret Zoo yang memiliki ribuan koleksi satwa.

”Sambil jalan-jalan juga, seneng aja lihat hewan. Ini tadi ada Halloween jadi lucu ya hewannya. Kayak si macan tadi kayak ngerasa aneh sama makanannya, padahal dibungkus labu,” ujarnya.

Meski bisa kembali beraktivitas, Chyntia masih tetap menjaga protokol kesehatan dengan tidak lalai melepas masker. Tak lupa dia juga selalu membawa hand sanitizer di tasnya. ”Saya rasa sudah aman semua. Dari pihak JTP juga sudah ketat di pintu masuk,” pungkasnya sembari pamit untuk berfoto dengan macan tutul jawa.

  • Bagikan