Mahasiswa KKN Edisi Covid-19 UM Serahkan Desain Gedung Serbaguna di Desa Tegalsari Malang - Tugujatim.id

Mahasiswa KKN Edisi Covid-19 UM Serahkan Desain Gedung Serbaguna di Desa Tegalsari Malang

  • Bagikan
Penyerahan desain Gedung Serbaguna dan Ruang Terbuka Hijau Desa Tegasari, Kepanjen, Kab. Malang. (Foto: Dokumen)
Penyerahan desain Gedung Serbaguna dan Ruang Terbuka Hijau Desa Tegasari, Kepanjen, Kab. Malang. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Pandemi dan pengabdian merupakan 2 hal yang harus dijalani secara bersamaan oleh mahasiswa KKN Edisi Covid-19, di mana pengabdian mahasiswa KKN di desa-desa harus terbatasi oleh bahaya Covid-19 yang sampai saat ini terus mengintai.

Dari kondisi tersebut mahasiswa KKN Edisi Covid-19 Universitas Negeri Malang (UM) model sinambung yang terdiri dari 19 orang dari berbagai disiplin ilmu dan berlokasi di Desa Tegalsari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, mengerahkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di kampus UM tercinta untuk menghasilkan produk pengabdian yang bisa dimanfaatkan masyarakat desa dalam waktu lama dengan membatasi kegiatan yang mengundang kerumunan.

Melalui beberapa kali konsultasi dengan perangkat desa pada saat kunjungan diperoleh informasi bahwa ada lahan kosong dengan luas 1000 meter persegi akan dibangun sebuah Gedung Serbaguna dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) diluarnya. Berdasarkan informasi tersebut kelompok KKN kami mengadakan rapat bersama Dosen Pembimbing ibu Yana Respati Dewi, S.E., M.M. untuk mengajukan progam kerja membuat Desain Gedung Serbaguna dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada lahan kosong yang dimaksud oleh perangkat desa Tegalsari.

Desain gedung dan ruang terbuka hijau yang akan dibuat Mahasiswa KKN Edisi Covi-19 UM. (Foto: Dokumen)
Desain gedung dan ruang terbuka hijau yang akan dibuat Mahasiswa KKN Edisi Covi-19 UM. (Foto: Dokumen)

Setelah program kerja ini disetujui oleh Dosen Pembimbing dan disepakati oleh Kepala Desa Tegalsari bapak Krisno dengan arahan nantinya gedung ini akan digunakan untuk beberapa kegiatan, baik itu kegiatan olahraga, budaya, maupun kegiatan masyarakat lainnya. Lokasi gedung yang berada tepat di sebelah lapangan sepakbola menjadikan gedung ini bisa menjadi sarana multifungsi untuk menujang kegiatan olahraga yang ada. Sedangkan ruang terbuka hijau yang berada di depan gedung memiliki beberapa stand yang bisa dimaksimalkan untuk mata pencaharian masyarakat desa.

Program kerja ini berhasil dilaksanakan berkat dukungan dari desa berupa pendampingan langsung dari Kepala Dusun Krajan bapak Ach. Supriadi dengan pengalaman beliau merantau menjadi kepala proyek bangunan. Pembuatan desain gedung serbaguna dan juga ruang terbuka hijau ini adalah hasil dari kolaborasi antar para anggota kelompok KKN UM dengan mahasiswa jurusan Teknik Sipil dan Desiain Grafis sebagai pelaksana inti, dimana Yusril Mahendra sebagai koordinator desa.

“Mudah-mudahan bantuanya benar turun ya mas ditahun 2022 supaya desain yang kalian buat bisa benar-benar terealisai” ujar Kepala Desa Tegalsari setelah menerima desain pada pada tanggal 06 Juni 2021 begitu pula harapan kelompok KKN “Amin amin amin semoga pak, kalau terealisasi kan kita punya kenang-kenangan disini, siapa tau pas kita main kesini bisa liat gedung yang dulu kita rancang bersama sudah dibangun” ujar Yusril membalas ujaran dari Kepala Desa pada saat penyerahan desain tersebut.

Penyerahan tersebut juga merupakan momen pamitan kelompok KKN Edisi Covid-19 model sinambung di Desa Tegalsari yang dimulai tanggal 19 Februari 2021, dengan beberapa progam kerja lain yang telah dilaksanakan. (*)

  • Bagikan