Mahasiswa KKN UM Dirikan Lentera Ilmu Sengguruh, Rumah Baca untuk Warga Desa Sengguruh Malang - Tugujatim.id

Mahasiswa KKN UM Dirikan Lentera Ilmu Sengguruh, Rumah Baca untuk Warga Desa Sengguruh Malang

  • Bagikan
Peresmian Lentera Ilmu Sengguruh, rumah baca di Desa Sengguruh, Kabupaten Malang yang didirikan oleh mahasiswa KKN UM. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Peresmian Lentera Ilmu Sengguruh, rumah baca di Desa Sengguruh, Kabupaten Malang yang didirikan oleh mahasiswa KKN UM. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Para mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) yang mengabdi di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, membuat program kerja, yaitu Mendirikan Rumah Baca di Desa Sengguruh. Rumah baca ini diberi nama Lentera Ilmu Sengguruh. Letaknya di Jalan Kerto raharjo, RT 04 RW 01, Desa Sengguruh. Pendirian rumah baca ini dimulai dengan penyebaran poster donasi buku via WA dan Instagram para anggota KKN Desa Sengguruh mulai 19 Juni 2021.

Rumah baca merupakan wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang sangat diperlukan dan bermanfaat bagi peningkatan kemampuan masyarakat. Selain itu, rumah baca memiliki manfaat seperti meningkatkan minat baca kepada masyarakat, menumbuhkan kegiatan belajar mandiri, dan menambah wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perpustakaan Lentera Ilmu Sengguruh di Desa Sengguruh, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Perpustakaan Lentera Ilmu Sengguruh di Desa Sengguruh, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen)

Dengan manfaat-manfaat yang diperoleh dari rumah baca, maka para mahasiswa KKN UM Desa Sengguruh melaksanakan program kerja ini karena masih rendahnya minat baca masyarakat di Desa Sengguruh, khususnya pada anak-anak maupun remaja.

Mereka lebih senang bermain game di HP dan menonton TV dibandingkan membaca buku. Seharusnya, kegiatan literasi sangatlah penting diterapkan karena dengan membaca kita memiliki wawasan yang luas serta pengetahuan yang banyak.

Lentera Ilmu Sengguruh

Pada Kamis lalu (15/07/2021), kepala desa Sengguruh meresmikan rumah baca “Lentera Ilmu Sengguruh”. Peresmian ini dihadiri oleh Kades Sengguruh Jamburi, ketua RW 01 Bapak Adit, dan Angga selaku pemilik dari rumah yang rumahnya dijadikan rumah baca, serta perwakilan mahasiswa KKN UM Desa Sengguruh. Hal ini dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir sehingga yang hadir dalam peresmian rumah baca ini lebih sedikit untuk menghindari kerumunan.

“Saya mewakili pemerintah desa mengucapkan terima kasih atas kontribusinya, sudah bahu-membahu, bekerja sama dan bergotong royong atas terbentuknya rumah baca Lentera Ilmu Sengguruh ini. Saya harap dengan adanya rumah baca ini dapat meningkatkan minat membaca warga desa di Sengguruh ini,” tutur Kepala Desa Sengguruh Jamburi.

“Adanya rumah baca ini sudah bagus, jadi bagaimana agar kita bisa mengajak anak kecil supaya mau dan suka membaca buku. Karena pada zaman sekarang, anak-anak lebih menyukai bermain handphone dibandingkan membaca buku,” tutur Ketua RW 01 Sengguruh Sulianto.

Lentera Ilmu Sengguruh juga telah didesain secara apik, simpel, dan menarik oleh para mahasiswa KKN Desa Sengguruh sehingga masyarakat dapat tertarik dan nyaman berada di sana.

“Rumah baca ini bukan hanya sekadar pajangan saja, kami berharap masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa dapat berkunjung dan membaca buku bacaan yang telah disediakan di Lentera Ilmu Sengguruh. Hal ini dapat meningkatkan minat baca di Desa Sengguruh,” tutur Dominikus selaku penanggung jawab program kerja rumah baca. (*)

 

  • Bagikan