SURABAYA, Tugujatim.id – Magang di OSM PT Telkom Akses Jatim Bali Nusa Tenggara tidak disia-siakan oleh Rahayu Sartika Dewi untuk berbagi ilmu tips personal branding. Sebagai peserta magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang, mahasiswa angkatan 2020 ini berbagi tips personal branding pada siswa-siswi SMK yang juga sedang magang di PT Telkom.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (11/10/2023) mulai pukul pukul 14.38 WIB di ruangan Fiber Academy WITEL Surabaya Utara. Di lokasi yang juga tempat Fiber Academy Telkom ini, Rahayu berbagi ilmu cara membangun personal branding secara offline dan online, alias hybrid. Tidak kurang dari 13 siswa SMK ikut menyimak penjelasannya.
“Saya mengambil topik KKN Kampus Merdeka sesuai dengan kegiatan magang mandiri saya Psikologi Industri dan Organisasi yaitu sebagai human resource,” ungkap mahasiswi yang mendapat bimbingan langsung dari dosen Fakultas Psikologi UM Khasdyah Dwi Dewi Setyoningtias SPsi MA.
Pemilihan topik tersebut memang didasari oleh posisi Rahayu yang magang di bagian HR. Di mana dia banyak bersinggungan dengan rekrutmen pegawai. Menyoal platform LinkedIn, dia menjelaskan jika media sosial satu ini memang paling sering digunakan oleh para rekruiter dalam memilih calon karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan.
Usai berdiskusi dengan para pembimbing, dia menemukan fenomena bahwa banyak siswa SMK yang menginginkan setelah lulus mereka dapat langsung terjun ke dunia kerja.
“Jadi tujuannya dapat membantu para siswa SMK dalam membangun personal branding dengan LinkedIn dan sebagai penghubung mereka dengan pekerjaan, selain menggunakan CV dan surat lamaran secara offline,” imbuhnya.
Dalam kegiatan tersebut, siswa SMK tidak hanya dijelaskan bagaimana teori personal branding dan media sosial yang bisa digunakan. Namun, juga langsung mempraktikkanya dengan membuat laman biodata di LinkendIn. Rahayu pun berbagi tips agar profil yang dimiliki bisa menarik dan dilirik perusahaan.
“Tips yang diberikan seperti tips memperkenalkan diri agar menarik, pengisian pengalaman, dan fitur LinkedIn yang jarang digunakan oleh masyarakat seperti fitur rekomendasi skill yang dapat memberikan nilai plus di para rekruiter,” tuturnya.
Rahayu tidak sendirian. Dia pun mendapatkan bimbingan langsung dari Sitemanager Fiber Academy dan HCM & Culture PT Telkom, Mochi Niky Nasrulloh Asmara sebagai pembimbing lapangannya.
Untuk diketahui, PT Telkom Akses Jatim Bali Nusra merupakan anak perusahaan dari Telkom Group. Perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang bisnis penyediaan layanan instalasi jaringan akses, pembangunan infrastruktur jaringan, hingga pengelola Network Terminal Equipment (NTE), serta operasi dan pemeliharaan jaringan akses telekomunikasi.
Dengan berlangsungnya kegiatan tersebut, dia berharap para siswa dapat memiliki bekal untuk mencitrakan diri di media sosial khususnya tips personal branding di LinkedIn. Dengan begitu, mereka dapat memiliki peluang untuk diterima kerja sesuai yang diharapkan. (adv)
Writer: Imam A. Hanifah
Editor: Dwi Lindawati