Makan Tempe Jadi Obat Melawan Kanker! - Tugujatim.id

Makan Tempe Jadi Obat Melawan Kanker!

  • Bagikan
Ilustrasi tempe. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi tempe. (Foto: Pexels)

MALANG, Tugujatim.id – Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang kaya akan protein, probiotik, vitamin, serta mineral. Makanan olahan ini biasa disebut dengan “plant-based eating” yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Berbeda dengan tahu, yang juga merupakan olahan kacang kedelai yang diambil ampasnya.

McKel Kooienga, MS, RDN, LDN sebagai founder Nutrition Stripped, meneliti kandungan yang terdapat pada 0,3 ons tempe adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, potasium, riboflavin atau yang dikenal dengan B2, juga mineral penting bagi tubuh seperti asam folat, thiamin, zinc, dan asam pantothenic.

Jika Anda Suka Makan Tempe, Inilah Beberapa Manfaatnya:

1. Kaya Nutrisi dan Antioksidan

Tempe mengandung mikronutrien yang bagus ditambah kalsium dan zat besi yang sulit didapatkan dalam pola makan vegetarian. Kandungan antioksidannya mampu mencegah radikal bebas dan kerusakan oksidatif pada sel.

2. Menunjang Pola Atur Berat Badan

Protein tinggi yang dimiliki tempe membuatnya setara dengan protein hewani. Selain itu, protein dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi nafsu makan, serta meningkatkan metabolisme untuk mendukung pengontrolan berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Usus

Kandungan prebiotik serta suplemen baik di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan dalam pencernaan.

4. Membantu Melawan Sel Kanker dan Menguatkan Tulang

Penelitian mengungkapkan bahwa isoflavon yang terkandung dalam tempe memberi efek pencegahan kanker, terutama jenis kanker yang sensitif terhadap hormon. Selain itu, kandungan magnesium, tembaga, dan fosfor merupakan nutrisi penting penguat tulang.

Dilansir dari Nutrition Stripped, mengonsumsi tempe mentah umumnya tidak direkomendasikan. Beruntung, cara memasaknya tidak rumit dan ketersediaannya di Indonesia yang tidak mengharuskan untuk memfermentasikan sendiri olahan kacang kedelai tersebut.

 

  • Bagikan