MAKEX Robotic Competition, Kompetisi Robotik dengan Konsep STEAM Digelar Kembali

MAKEX Robotic Competition
Suasana MAKEX Robotic Competition. Foto: dok

MALANG, Tugujatim.id – MAKEX Robotic Competition hadir kembali di tahun 2022 setelah sempat ditiadakan karena pandemi COVID-19. MAKEX berkolaborasi bersama Bina Bangsa School-Malang dalam menggelar lomba robotik ini.

Dalam peresmian pembukaan MAKEX Competition Malang, hadir Director of Academic Board Bina Bangsa School, Ms Yuliana; Head Academic Software Development and IT, Alvin Soliman Miclat; Director Bina Bangsa Malang, Vera Setiani Soejanto; serta Head of Representative Makeblock di Indonesia, Erwin Octavia yang sekaligus sebagai penyelenggara MakeX di Indonesia.

MAKEX Robotic Competition
Dari kiri: Director of Academic Board Bina Bangsa School, Ms Yuliana; Director Bina Bangsa Malang, Vera Setiani Soejanto; Head of Representative Makeblock di Indonesia, Erwin Octavia; dan Head Academic Software Development and IT, Alvin Soliman Miclat. Foto: dok

Dalam kesempatan itu, Erwin Octavia mengatakan bahwa kompetisi tahun 2022 adalah tahun kelima dari perjalanan MAKEX di Indonesia, di mana pada tahun-tahun sebelumnya di tahun 2018 berhasil mengirimkan 12 peserta dari Indonesia dan 24 peserta di 2019 ke kancah internasional berkompetisi dengan lebih dari 100 negara.

Kompetisi MAKEX tahun 2022 mengangkat tema Zero Carbon, kata dia, tema ini sesuai dengan tema United Nation perihal Global Sustainability.

Jumlah peserta yang berpartisipasi lebih dari 100 murid berasal dari tingkat SD dan SMP yang akan berkompetisi untuk menjadi perwakilan Indonesia di kancah internasional di Thailand, pada November 2022, dan berkompetisi dengan lebih dari 30 negara lainnya.

MAKEX Robotic Competition
Suasana MAKEX Robotic Competition. Foto: dok

Bina Bangsa School dan Makeblock telah bekerja sama sejak tahun 2018 dalam penerapan edukasi robotik dan pemrograman di dalam kurikulum sekolah yang sekarang ini marak disebut sebagai STEAM (Science Technology Engineering Art Math) dengan tujuan mempersiapkan generasi yang siap beradaptasi pada era smartworld.

MaxeX Robotic Competition ini digelar selama dua hari yaitu tanggal 29 dan 30 September 2022. “Kontes ini adalah sebagai bukti bahwa kami secara konsisten menyelenggarakan pendidikan yang tidak saja unggul di bidang akademik, namun juga non-akademik. Kompetisi MakeX Robotic ini menjadi salah satu bukti kesiapan Bina Bangsa School Malang dalam melengkapi murid-muridnya untuk menyongsong era smart world,” ujarnya.

Dalam persiapan generasi era smart world, Bina Bangsa School Malang sudah menerapkan kurikulum teknologi STEAM bersama makeblock mulai dari tingkat 4 sekolah dasar sampai persiapan jenjang Junior College.

MAKEX Robotic Competition
Suasana MAKEX Robotic Competition. Foto: dok

Dalam kesempatan yang sama, Erwin Octavia mengatakan bahwa Makeblock sebagai penyedia alat edukasi yang mendukung pengajaran STEAM, Robotics, Coding, dan penyediaan STEAM Laboratorium akan terus bekerja sama dan bahu membahu dengan Bina Bangsa School dengan memperkenalkan teknologi-teknologi terbaru kepada peserta didik mulai dari tingkatan PAUD, sekolah dasar, sekolah menengah, bahkan lanjut hingga ke jenjang universitas.

Kata dia, Bina Bangsa School dan Makeblock akan terus menggelar kompetisi MAKEX setiap tahun di Indonesia, untuk mengasah kemampuan generasi muda dalam hal semangat kolaborasi, semangat berjuang, dan semangat belajar untuk menjadi lebih baik setiap tahunnya.(ads)