Malam Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan Penuh Pahala saat Ramadhan - Tugujatim.id

Malam Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan Penuh Pahala saat Ramadhan

  • Bagikan
Ilustrasi berdoa saat malam Lailatul Qadar. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi berdoa saat malam Lailatul Qadar. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Malam Lailatul Qadar merupakan waktu yang paling dicari umat muslim di saat bulan Ramadhan. Satu-satunya keistimewaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW. Bagaimana tidak, pahala yang diperoleh bagi setiap insan muslim jika beribadah pada malam itu akan diberikan balasan pahala ibadah seribu bulan.

Hal itu seperti ditegaskan dalam Alquran surat Al-Qadr. Dalam surat itu dijelaskan bahwa pada malam Lailatul Qadar, semua malaikat, termasuk malaikat Jibril turun ke bumi atas perintah Allah dengan membawa segala kebaikan. Istimewanya, ada keselamatan pada malam itu hingga pagi hari.

Allah SWT merahasiakan waktu pasti datangnya Lailatul Qadar agar umat Islam berlomba-lomba untuk beribadah di bulan Ramadhan demi mendapatkan pahala.

Salah satu ibadah yang bisa dilakukan di malam Lailatul Qadar adalah berdoa. Lantaran, keutamaannya adalah Allah SWT bakal mengabulkan doa hambanya yang bersungguh-sungguh. Malam Lailatul Qadar juga termasuk waktu yang mustajab atau mudah dikabulkannya sebuah doa.

Amalan yang bisa dilakukan umat muslim saat malam Lailatul Qadar yaitu mendirikan salat malam atau Qiyamul Lail, membaca Alquran, melakukan i’tikaf di masjid, memperbanyak sedekah, memperbanyak zikir dan istighfar, serta memperbanyak doa untuk meminta ampunan kepada Allah.

Doa yang dianjurkan untuk dibaca saat malam Lailatul Qadar:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Dihimpun dari berbagai sumber yang ada, beberapa tanda malam Lailatul Qadar:

1. Malam Lailatul Qadar datang pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir Ramadhan.” (HR Al-Bukhari).

2. Malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Meski tidak satu pun umat Islam yang tahu hadirnya Lailatul Qadar, tapi dapat dilihat tanda-tandanya.

3. Lailatul Qadar disebutkan ditandai dengan udara yang sejuk dan tenang serta tidak adanya hujan, seperti pada hadis di bawah ini.

“Lailatul Qadar adalah malam tenteram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.” (Hadist Hasan).

4. Tanda akan adanya malam Lailatul Qadar dapat dilihat pada keesokanharinya, yaitu cahaya matahari cerah dan sinarnya tidak menyengat hingga siang hari.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Keesokan hari malam Lailatul Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar terang.” (HR Muslim).

  • Bagikan