Malang Kendo Association, Klub Bela Diri Jepang di Malang

Malang Kendo Association, Klub Bela Diri Jepang di Malang

  • Bagikan
Seni beladiri Kendo yang menggunakan pedang ada di Malang, beladiri ini berasal dari Jepang/tugu jatim
Seni beladiri Kendo yang menggunakan pedang ada di Malang, beladiri ini berasal dari Jepang. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Selain budaya Korea, budaya Jepang juga sangat digandrungi oleh kawula muda sekarang ini. Mulai dari musik, drama, makanan, hingga olahraga.

Berbicara soal olahraga Jepang, pasti yang terpikir pertama kali adalah sumo. Olahraga yang atletnya memiliki badan besar dan bertanding dengan cara bergulat.

Selain sumo Jepang juga terkenal dengan pasukan samurai. Selain itu, sebenernya negeri matahari terbit tersebut juga memiliki olahraga seni bela diri menggunakan pedang serupa samurai sebagai senjatanya. Bela diri ini disebut Kendo.

Kendo berasal dari ken, huruf Jepang yang disebut kanji. Terdiri dari huruf 剣 (ken) yang berarti pedang dan kanji 道 (do) yang berarti jalan. Jika digabungkan maka kendo berarti jalan pedang.

Bela diri ini tidak hanya melatih fisik tetapi juga mental. Seorang praktisi kendo akan diajarkan nilai-nilai bushido, yaitu nilai-nilai kepahlawanan prajurit Jepang, seperti kejujuran (義 gi), kebenaran (勇氣 yūki), berbuat baik (仁 jin),  menghormati (禮 rei), kejujuran (誠 makoto), kehormatan (名誉 meiyo), dan loyalitas (忠義 chūgi)

Kendoka adalah sebutan untuk orang yang mempelajari dan mempraktikkan Kendo. Kendoka akan selalu mengenakan seragam yang disebut Gi dan Hakama serta pelindung yang disebut Bogu.

Jika Anda tertarik dengan bela diri Kendo, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk mencobanya. Di Malang sudah ada komunitas Kendo yang bernama Malang Kendo Association atau yang sering disingkat menjadi MKA.

MKA memiliki dua tempat latihan, yaitu di Jl. Sukapura No.41, Rampal Celaket dan di Balai RW, Jl. Kelud Jl. Bareng Kartini, Bareng. Kedua lokasi ini berada di kecamatan Klojen, Kota Malang.

Bagi yang masih penasaran, tidak perlu takut untuk mencoba olahraga yang satu ini. Anda pasti akan diajarkan mulai dari gerakan dasar yang terbilang gerakan ringan. Diulai dari cara melangkah, memegang pedang, hingga cara bertarung. Pelatihnya pun sangat ramah dan sabar.

Di tempat latihan juga meminjamkan Shinai atau pedang bambu yang akan digunakan untuk latihan. Anda hanya perlu membayar uang pendaftaran dan uang bulanan untuk bisa berlatih di MKA.

Ketika kemampuan Kendo Anda sudah mulai mahir, kedepannya bisa mengikuti berbagai turnamen tingkat dojo, nasional, maupun internasional. Biasanya juga akan diadakan latihan bersama dari berbagai dojo yang berpusat di SJS (Surabaya Japanese School). Latihan selama beberapa hari berturut-turut ini diadakan dalam rangka persiapan untuk mengikuti turnamen.

Adapun suasana tempat olahraganya seperti di sekolah Jepang. Ia benar-benar akan membuat Anda sangat bersemangat untuk berlatih.

Untuk Anda yang penasaran bisa langsung menuju ke akun instagram @kendomalang, di situ tertera kontak yang bisa Anda hubungi jika tertarik untuk mendaftar.

  • Bagikan