6 Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan hingga Kebutuhan Rumah Tangga - Tugujatim.id

6 Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan hingga Kebutuhan Rumah Tangga

  • Bagikan
Ilustrasi kopi.tugu jatim
Ilustrasi kopi. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Sajian secangkir kopi menjadi kebutuhan sebagian orang setiap harinya. Rasanya dan aromanya berhasil menciptakan kesan tersendiri bagi penikmatnya.

Berbagai manfaat tercipta dalam secangkir kopi yang kamu minum, bahkan manfaat juga tersaji dalam ampasnya.

Ampas kopi memiliki banyak manfaat baik untuk kecantikan maupun kebutuhan rumah tangga. Apa saja manfaatnya, langsung simak penjelasan di bawah ini.

1. Membersihkan sel kulit mati dan samarkan lingkaran hitam di mata

Ampas kopi yang dicampur dengan minyak zaitun, konon dapat berfungsi sebagai scrup yang dapat mengangkat sel kulit mati. Kopi bubuk yang dicampur dengan minyak kelapa, putih telur, atau yogurt juga sangat bermanfaat untuk menyamarkan lingkaran hitam di mata loh.

2. Menyuburkan rambut

Cukup bilas rambut dengan ampas kopi setelah keramas kemudian diamkan selama 30 menit. Selanjutnya, bilas kembali dengan air bersih. Lakukan dengan rutin ya.

3. Pengharum ruangan dan penghilang bau tak sedap

Caranya, simpan wadah terbuka seperti mangkuk. Letakkan di ventilasi udara rumahmu, nantinya, aroma kopi akan segera menyebar ke seluruh ruangan bersama udara segar yang masuk. Atau, simpan di sudut ruangan yang berbau menyengat.

4. Menyuburkan tanaman

Ampas kopi mengandung kalsium, kalium, nitrogen, besi, magnesium fosfor, kromium, dan nutrisi lainnya yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Caranya, taburkan ampas kopi yang telah dikeringkan ke media tanam secara rutin, sehingga mikroorganisme yang berperan bagi kesuburan tanaman dapat tumbuh dengan baik.

5. Mengatasi jerawat

Antioksidan, stimulan dan asam klorogenat dalam kopi dapat menjadi solusi untuk mengatasi jerawat. Caranya, gunakan ampas kopi untuk mencuci wajahmu agar membuka pori-pori dan membersihkan sel kulit mati.

Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari beberapa jenis bakteri. Untuk mencerahkan kulit wajah, kamu bisa mencampurkan ampas kopi dengan madu dan tepung beras untuk dijadikan masker.

6. Membersihkan peralatan masak

Ampas kopi bisa jadi solusi untuk membersihkan peralatan masak yang sulit dibersihkan lho. Oleskan ampas kopi pada spons cuci piring, kemudian gosokkan pada peralatan masak. Dalam sekejap, peralatan masak menjadi bersih tanpa sisa minyak atau lemak yang menempel.

  • Bagikan