News  

Manfaat Gerak Fisik Minimal 30 Menit Sehari Versi Dinkes Bojonegoro

Ilustrasi olahraga.
Ilustrasi olahraga. (Foto: Pexels)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bisa diwujudkan dengan melakukan aktivitas fisik, lalu apa sih manfaat gerakan bagi tubuh?

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Keseharan Bojonegoro, dr Lucky Imroah menyebut, aktivitas fisik menjadi salah satu pilar utama Germas, contohnya dengan melakukan aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit.

Lebih lanjut dr Lucky menyampaikan, bergerak bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kalori dan lemak dalam tubuh akan terbakar lebih sempurna menjadi energi saat seseorang lebih aktif bergerak. Nggak hanya itu, otot tubuh dalam tubuhmu juga bisa terbentuk lebih kuat ketika Anda senang atau bahkan hobi olahraga.

“Pelaksanaannya, harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,” tuturnya saat talkshow melalui Radio Malowopati Bojonegoro, Jum’at (17/6/2022).

Aktifitas Germas dalam bentuk fisik dapat dimulai dengan hal-hal kecil seperti mengajak anak bermain diluar, berjalan di sekeliling rumah, lebih memilih menggunakan tangga dibanding lift, dan memilih berjalan kaki dibanding mengendarai kendaraan jika jaraknya dekat.

“Atau anda dapat melakukan olahraga seperti jogging, bersepeda, berenang atau olahraga lain yang anda sukai,” ungkapnya.

Menurut dr.Lucky, Germas tidak hanya dilakukan dalam bentuk gerakan saja. Mempertahankan gaya hidup sehat lain seperti istirahat yang cukup, menemukan cara untuk mengatasi stres dengan cara yang sehat, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim