Manfaat Lilin Aromaterapi: Bantu Kurangi Kecemasan dan Stres

  • Bagikan
Ilustrasi lilin aromaterapi. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi lilin aromaterapi. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Ketika seorang psikoterapis menangani masalah pada kliennya, mereka bekerja pada semua aspek pribadinya. Mulai dari pikiran, tubuh, dan jiwa. Berbagai metode digunakan untuk bisa mengetahui inti masalah dan menemukan penyelesaiannya.

Terapi bicara adalah salah satu metodenya. Selain itu, penggunaaan lilin aromaterapi di dalam ruangan ternyata juga cukup membantu. Lilin terbukti secara ilmiah dapat menenangkan Anda. Sebagai terapis, mereka memiliki tujuan untuk mendukung orang di dalam ruangan agar merasa nyaman dan rileks sehingga mereka dapat membuka diri dan mendiskusikan apapun yang ada di pikiran mereka.

Lilin aromaterapi ternyata sudah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai kesempatan, seperti penyembuhan, meditasi, dan membersihkan energi.

Indera penciuman Anda sangat kuat dan tidak bisa diremehkan. Aroma lilin ini merangsang bagian otak Anda yang terhubung dengan memori dan suasana hati. Dengan demikian, penggunaan lilin aromaterapi dalam terapi berbicara dapat membuka jalan alam bawah sadar Anda.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Kebille dan Green (2009) melaporkan bahwa ketidak seimbangan psikologis seperti depresi dapat ditingkatkan dengan penggunaan lilin dan minyak wangi. Misalnya lilin beraroma tertentu dapat membantu mengurangi perasaan takut dan cemas, mengurangi stres, dan memperbaiki suasana hati.

Dilansir dari laman Counselling Directory, beberapa lilin aromaterapi berikut dapat membantu Anda melawan kecemasan atau stres.

1. Lavender – membuat rileks tubuh dan pikiran secara instan
2. Clary Sage – meningkatkan suasana hati
3. Kayu manis – membuat Anda lebih segar
4. Jeruk – mengurangi stres
5. Lemon – meningkatkan suasana hati
6. Apel – mengontrol kecemasan
7. Peppermint – meningkatkan fokus
8. Cendana – membuat rileks tubuh dan pikiran secara instan
9. Vanilla – meningkatkan tingkat kebahagiaan, suasa hati, dan merangsang persaan relaksasi dan kegembiraan

Pernakah Anda berpikir bahwa dengan memahami berbagai aroma, Anda dapat mengendalikan suasana hati Anda? Ikuti beberapa tips berikut agar hari Anda semakin rileks:

1. Bermeditasi setiap hari
2. Siapkan lilin aromaterapi favorit Anda dan bersantai dengan membaca buku
3. Menggabungkan cahaya lilin dengan rutinitas olahraga santai, seperti yoga

Apa salahnya mencoba rutinitas baru? Cobalah sekali dan Anda akan melalui hari-hari Anda dengan sangat tenang. Anda tidak akan menyesalinya!

  • Bagikan