Mantan Menteri BUMN Sebut Politik Musuh Pengusaha Kecil

Mantan Menteri BUMN Sebut Politik Musuh Pengusaha Kecil

  • Bagikan
Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN memberikan pemaparan di seminar nasional di Universitas Negeri Malang.
Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN memberikan pemaparan di seminar nasional di Universitas Negeri Malang. (Foto: M Sholeh)

MALANG, Tugujatim.id – Mantan menteri BUMN, Dahlan Iskan, menyebut politik adalah musuh bagi pengusaha kecil. Pasalnya, banyak bisnis tak bisa maju karena pengusaha terlalu banyak memikirkan hal yang tak ada hubungannya dengan bisnis. Dalam hal ini adalah politik.

“Di forum ini, saya hanya akan menyampaikan satu hal saja mengenai musuh pengusaha kecil sehingga tidak bisa menjadi besar. Musuhnya adalah politik, lebih jelasnya lagi, menjadi tim sukses,” kata Dahlan dalam acara seminar Starting Small to Growing Bigger di Kampus UM pada Kamis (31/3/2022).

Founder Disway itu juga mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun politik dengan godaan menjadi tim sukses yang luar biasa besar. Menurutnya, pengusaha akan jatuh jika terjerumus menjadi tim sukses dalam politik.

“Pengusaha kecil kalau tergoda menjadi tim sukses, maka itu tanda-tanda dia tidak akan berhasil dalam bisnisnya,” tegasnya dalam acara yang digelar oleh Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Malang berkolaborasi dengan Inkubasi Bisnis Teknologi Universitas Negeri Malang (INBISTEK UM) tersebut.

Pria yang juga entrepreneur sekaligus sociopreneur itu mengakui bahwa godaan menjadi tim sukses sangat menggiurkan. Namun pihaknya menyakini, kegiatan tim sukses 100 persen bertolak belakang dengan kegiatan bisnis. Sehingga Dahlan menilai politik adalah musuh utama pengusaha kecil.

“Berbisnis itu harus fokus seperti merawat bayi, dirawat siang malam. Inilah tantangannya, karena naluri birahi politik itu luar biasa,” jelasnya.

Tak lupa, Dahlan berpesan kepada pengusaha kecil yang bisa bertahan dalam pandemi ini, untuk terus mengedepankan produktivitas penjualan dari pada melakukan marketing.

“Jadi yang dilakukan jualan, jualan, dan jualan. Bukan marketing dan marketing. Intinya di masa pandemi ini harus bisa jualan sehingga bisa menghasilkan,” tandasnya.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid atau gabungan online dan offline itu juga menghadirkan pemateri nasional lainnya. Selain Dahlan Iskan, ada Hermawan Kartajaya Honorary Founding Chairman IMA, Dr Fahri Entreneur Founder & Master Trainer Grounded Business Couching hingga Muhammad Kautsar Owner PT Empat Sembilan Nusantara Muda, Raja Dimsum Indonesia. Dan turut hadir Presiden IMA Chapter Malang, Kurniawan Muhammad.


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

  • Bagikan