Masa Muda, Waktu yang Tepat untuk Investasi

  • Bagikan
Ilustrasi menumpuk uang dan investasi
Ilustrasi menabung dan investasi. (Foto: Unsplash)

Bagi kebanyakan orang, setelah mendengar kata investasi mungkin sudah membayangkan prosesnya yang ribet dan perlu uang banyak untuk bisa memulai. Namun faktanya investasi sudah bisa dimulai dengan modal Rp100.000 dan dengan proses yang praktis.

Masa muda memang menjadi tantang tersendiri apalagi kalau membahas soal keuangan. Di masa ini, anak muda mulai memiliki otoritas penuh terhadap dirinya sendiri dan sudah bisa memulai menghasilkan uang sendiri. Kemampuan untuk mengelola keuangan inilah yang sering kali terasa sulit bagi anak muda dimana gaya hidup dan keinginan untuk mengikuti trend membuat munculnya perilaku konsumtif yang berlebihan.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Padahal kehidupan masa depan dengan keuangan yang mapan membutuhkan perencanaan keuangan sejak masa muda. Dari sinilah pentingnya investasi untuk merencanakan keuangan yang stabil di masa mendatang.

Kenali perbedaan menabung dan investasi

Ilustrasi membeli rumah sebagai investasi
Ilustrasi membeli rumah atau properti. (Foto: Unsplash)

Meski pada dasarnya kamu menyimpan uang untuk menabung dan berinvestasi namun ada hal pokok yang membedakan keduanya. Menabung mengacu pada proses menyimpan uang untuk kebutuhan/tujuan jangka pendek dan kamu bisa mengambil uangnya kapanpun. Selama menabung tidak banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh selain kamu bisa menyimpan uangmu untuk pembelian secara boros. Jika kamu berharap adanya keuntungan maka investasi lah solusinya.

Investasi adalah sebuah proses mengembangkan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Bahkan uang yang kamu miliki bisa berkembang beberapa kali lipat dari jumlah awal. Tentu bukan dengan cara gaib ya karena semua ada kalkulasi dan kondisi tertentu. Bersama keuntungan tentu juga ada resiko dalam berinvestasi. Oleh karena itu kamu perlu berhati-hati dan mencari informasi dahulu sebelum berinvestasi.

Kenapa anak muda harus berinvestasi?

Ilustrasi investasi ekonomi
Anak muda juga harus mulai pandai-pandai mengelola uang. (Foto: Unsplash)

 

  1. Alternatif sumber keuangan

Melalui investasi kamu bisa menambah nilai uang yang kamu simpan. Tambahan uang inilah yang bisa menjadi sumber keuangan alternatif untukmu terutama apabila ada keperluan mendesak. Berbeda dengan menabung dimana uangmu hanya diam di bank dan penambahan nilainya pun terbilang kecil.

  1. Menyiapkan keuangan di masa depan

Ah masih terlalu muda untuk memikirkan masa pensiun” – Justru karena kamu muda dan mampu menghasilkan sejumlah uang maka sudah waktunya kamu memikirkan keuangan di masa depan nanti. Saat memasuki masa pensiun kamu harus memikirkan darimana kamu bisa mendapatkan sumber pendapatan. Namun dengan berinvestasi kamu bisa mempunyai dana aman untuk nanti.

  1. Mengejar mimpi

Siapa yang tidak bermimpi memiliki rumah sendiri dan mobil? Berinvestasi bisa menjadi jawaban untuk membantumu meraih mimpi-mimpi ini dimana kamu bisa menanam modal untuk mendapatkan keuntungan nantinya.

  1. Kamu diam dan uang yang bekerja

Bahkan ketika kamu tidur, uang yang kamu investasikan bisa bertambah nilainya. Perputaran uang dalam pasar investasi terus berjalan tanpa harus kamu pantau setiap waktu. Oleh karena itu dengan berinvestasi bisa mempermudah kamu untuk memperoleh keuntungan.

Berinvestasi itu mudah dan praktis apalagi dengan hadirnya sejumlah aplikasi yang menyediakan layanan untuk mulai berinvestasi dengan saldo kecil. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah berinvestasi! (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: kejarmimpi.id

  • Bagikan