Mengapa Kita Cenderung Membenci Hari Senin?

  • Bagikan
Mengapa Kita Cenderung Membenci Hari Senin? Ilustrasi waktu
Ilustrasi hari Senin yang menakutkan. (Foto: Unsplash)

Hari Senin yang baru datang lagi dan kamu masih memiliki rasa yang sama ketika hari ini datang. Satu hari ini seolah tiba-tiba datang dan merusak akhir pekanmu. Tagar “Besok Senin” pun kerap kali menghiasi deretan Trending di Twitter. Lantas kenapa banyak orang yang enggan dengan momen awal pekan ini? Apakah ada penjelasan ilmiah untuk sindrom ini? Simak dulu ulasan ringannya berikut ini.

Kamu tidak menikmati pekerjaan yang kamu lakukan

Coba ingatlah saat kamu berlibur ketika kamu beraktivitas sepanjang hari dan tidur larut malam namun tetap bangun pagi dengan penuh semangat. Kenapa hal ini tidak terjadi pada kita untuk hari Senin? Satu alasan penting adalah karena kamu tidak memiliki semangat untuk mengeksplorasi hari itu. Bagimu tidak ada hal menarik untuk dilakukan karena hari Senin hanyalah bagian dari kebiasaan yang membosankan.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Rekomendasi Film Animasi Keluarga yang Cocok untuk Menemani Akhir Pekan

Namun hal ini tentu berbeda bagi mereka yang menikmati apa yang sedang mereka lakukan. Setiap hari adalah hari menyenangkan untuk menemukan sesuatu yang baru. Hal inilah yang memunculkan semangat untuk menjalani hari bahkan di hari Senin sekalipun. Oleh karena itu mungkin kamu bisa menanyakan pada dirimu apakah kamu benar menyukai hal yang kamu lakukan saat ini?

Kamu tidak mempersiapkan harimu

Tidak ada orang yang suka merasa kewalahan apalagi di hari Senin. Tapi nyatanya juga banyak yang tidak menyadari bahwa mereka sendirilah penyebabnya. Gagal untuk mempersiapkan artinya kamu juga mempersiapkan untuk sebuah kegagalan lainnya. Hari

Senin memang terasa berat karena menjadi akhir dari akhir pekanmu dan hal ini akan semakin berat bagimu ketika kamu tidak mempersiapkan apapun untuk menjalaninya. Tidak menikmati hal yang dilakukan adalah satu dari banyak alasan kenapa hal ini masih terjadi.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Tetap Produktif Selama Akhir Pekan

Kamu tidak nyaman dengan orang-orang di sekitarmu

Keberadaan rekan kerja atau teman sekitar yang membuatmu nyaman dapat memberikan energy positif untukmu. Waktu yang dilewati bersama teman terdekat pasti seolah berlalu cepat apalagi jika kamu sedang melakukan hal yang kamu sukai. Namun berbeda jika orang di sekitarmu adalah mereka yang kamu merasa tidak nyaman. Waktu seolah berjalan lebih lambat dan kamu hanya menginginkan hari Senin itu segera berakhir.

Kamu menemukan pembenaran dan kesamaan untuk membenci Senin

Memang mudah untuk membenci sesuatu yang banyak orang juga merasakannya dan begitupun hari Senin. Kamu pun memulai pagi di hari tersebut dengan ikut meramaikan kicauan “Besok Senin” di Twitter. Melakukan hal ini seolah membuatmu nyaman karena bukan hanya kamu sendiri yang merasakannya.

Sulit untuk tetap berpikir positif ketika budaya di sekitarmu juga membenci hari Senin, “Bagaimana akhir pekanmu?”/ “Sangat cepat berlalu. Tidak terasa sudah Senin lagi,”

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Tercipta Ketika Kita Membiasakan Duduk dengan Benar

Kamu merasa Senin adalah awal untuk kembali mengulang

Kita cenderung melekat pada budaya “ingin cepat berakhir” dan kamu melihat satu minggu adalah sebuah perlombaan lari dimana kamu harus segera melewatinya untuk bersantai di akhir pekan. Selama 5 hari kamu menahannya untuk segera menyelesaikan semuanya dan hari Senin adalah awal dari semua ini. Melakukan hal ini hanya akan membuat semakin lelah karena kamu tidak menikmati jalannya proses. Sebuah kepuasan hanya akan ditemukan di sepanjang perjalanan bukan di kotak harta karun di ujung pelangi.

Alasan membenci hal ini bukan terletak pada kutukan yang mungkin diberikan. Hari Senin bukanlah seperti neraka. Justru sikap kita untuk menjalaninya adalah yang terpenting. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: bbc.co.uk & inc.com

 

  • Bagikan