Media Center Kominfo Dapat Apresiasi dari Staf Ahli Ketum KONI Pusat Dr Aqua Dwipayana - Tugujatim.id

Media Center Kominfo Dapat Apresiasi dari Staf Ahli Ketum KONI Pusat Dr Aqua Dwipayana

  • Bagikan
Koordinator Media Center Mohammad Taofiq Rauf menemani Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat menikmati pijat punggung elektrik. (Foto: Dokumen)

JAYAPURA, Tugujatim.id – Di tengah jadwalnya yang padat, terutama mendampingi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua, Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik Dr Aqua Dwipayana menyempatkan waktu berkunjung Media Center yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).  Dia didampingi Humas KONI Pusat yang juga penanggung jawab gerakita.com Tirto Prima Putra.

Kunjungan tersebut dilaksanakan Selasa malam(12/10/2021). Tempatnya di Hotel Grand Allison Sentani, Kabupaten Jayapura. Koordinator Media Center Mohammad Taofiq Rauf yang menyambut Dr Aqua.

Doktor Komunikasi dari Universitas Padjadjaran Bandung itu mengapresiasi Media Center yang dikelola Kementerian Kominfo karena lengkapnya fasilitas dan ramahnya pelayanan kepada para tamu, terutama jurnalis yang memanfaatkan tempat tersebut untuk menulis dan mengirimkan hasil liputan mereka selama PON XX.

Sekitar 1,5 jam berada di tempat itu, Dr Aqua melihat langsung seluruh fasilitas yang ada. Juga pelayanan yang diberikan kepada para wartawan.

Bahkan, penulis buku “super best seller” yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” itu sengaja menemui wartawan yang sedang bekerja di Media Center tersebut untuk menyapa mereka. Sekaligus menanyakan berita terbaru yang sedang dikerjakan.

Dr Aqua Dwipayana saat menemui dan menyapa wartawan yang sedang bekerja di Media Center. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana saat menemui dan menyapa wartawan yang sedang bekerja di Media Center. (Foto: Dokumen)

Saat berada di Media Center tersebut, Dr Aqua ingat masa lalunya saat masih aktif menjadi wartawan di berbagai media di Malang, Jawa Timur, pada 1988-1994. Dia membayangkan saat ada event besar, para wartawan butuh fasilitas untuk memudahkan dan memperlancar pekerjaan mereka.

“Alhamdulillah, di PON XX Papua ini Kominfo menyiapkan berbagai fasilitas buat teman-teman wartawan untuk memudahkan dan memperlancar pekerjaan mereka. Salah satu kunci sukses acara olahraga terakbar di negara ini adalah pada publikasinya yang gencar dan merata,” ujar anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini.

Liputan Positif

Saat kunjungan itu, Dr Aqua lama berdiskusi dengan beberapa penggawa Media Center seperti Rauf, panggilan akrab Mohammad Taofiq Rauf, Editor video Janes Nafi, Koordinator Kesehatan Mashuri Nur. Juga ada para penulis Indonesia.go.id yang merupakan wartawan senior. Mereka adalah Firman Hidranto, Kristantyo Wisnubroto, dan Eri Sutrisno. Saat itu hadir juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griafon.

Salah seorang wartawan senior tersebut Firman adalah teman Dr Aqua. Mereka pernah sama-sama bekerja di satu media, yakni harian Bisnis Indonesia. Waktu itu Firman tugasnya di Biro Jawa Tengah. Sedangkan Dr Aqua di Biro Jawa Timur.

Pertemuan di Media Center itu dijadikan mereka sebagai kesempatan reuni. Sekaligus berbagi cerita tentang aktivitas masing-masing.

Dr Aqua Dwipayana saat berbincang dengan wartawan yang bertugas di Media Center selama PON XX Papua 2021. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana saat berbincang dengan wartawan yang bertugas di Media Center selama PON XX Papua 2021. (Foto: Dokumen)

Rauf kepada Dr Aqua menjelaskan tentang Media Center Kominfo dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Selain mendukung tugas-tugas para wartawan, juga membuat banyak liputan mengenai sisi-sisi positif PON XX yang berdampak langsung pada perekonomian masyarakat.

“Media Center ini bisa menampung sekitar 100 wartawan untuk menulis dan mengirimkan berita. Rata-rata dalam sehari yang memanfaatkannya lebih dari 120 wartawan. Mereka bekerja dari pagi sampai malam. Bahkan, pernah ada yang hingga dini hari,” jelas Rauf.

Sedangkan untuk tempat jumpa pers, Rauf melanjutkan, tempat duduknya disiapkan buat sekitar 40 wartawan, dengan fasilitas streaming. Di setiap sudut ruangan disediakan tayangan TV yang langsung menayangkan beberapa pertandingan dari berbagai venue.

Banyak narasumber yang dihadirkan baik dari Provinsi Papua maupun dari provinsi-provinsi lainnya, dan pusat. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan informasi dari mereka dan buat memudahkan para wartawan mengumpulkan informasi.

Liputan yang dilakukan petugas dari Kominfo adalah sisi positif dari pelaksanaan PON XX Papua. Antara lain peningkatan kesejahteraan para pedagang UMKM.

“Hasil wawancara kami dengan mereka, penghasilannya saat PON XX berlangsung sama dengan sebelum pandemi Covid-19. Mereka berdoa, berusaha, dan berharap agar setelah selesai event olahraga itu pendapatan mereka tetap sama. Tidak berkurang,” jelas Rauf.

Bekerja Optimal

Untuk memanjakan para wartawan yang ingin rileks, setelah meliput di berbagai venue, disiapkan pijat refleksi. Therapist-nya ada dua orang yang sengaja didatangkan dari Makassar. Masing-masing perempuan dan laki-laki.

Saat Dr Aqua tiba di Media Center layanan pijat refleksinya sudah tutup. Sebagai gantinya sambil ngobrol sama Rauf dan teman-temannya, penulis banyak buku “super best seller” itu pijat punggung elektrik yang menggunakan mesin.

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu menikmati pijat tersebut. Apalagi selama beberapa hari di Papua jadwalnya lumayan padat, terutama mendatangi venue-venue yang sedang melaksanakan pertandingan.

“Alhamdulillah pijatnya enak. Capeknya jadi berkurang. Sebelum kembali ke Jakarta, saya usahakan mampir lagi di sini,” lanjut Dr Aqua.

Rauf mengatakan, selama mengoperasikan Media Center bersama teman-temannya, berupaya bekerja secara optimal. Tujuannya agar para wartawan yang menggunakan semua fasilitasnya merasa puas.

“Saya bersama teman-teman di sini berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para wartawan. Peran mereka sangat besar untuk menyukseskan publikasi PON XX ke seluruh Indonesia,” ungkap Rauf.

Peran media dan publikasi sangat penting dalam menyebarkan berbagai informasi terkait PON XX Tahun 2021 di Papua. PON XX ini memiliki makna besar sebagai momentum pemersatu bangsa Indonesia melalui olahraga dan juga dikaitkan dengan kebangkitan dari pandemi Covid-19. Oleh karena itu informasi yang disiarkan seputar PON XX diharapkan dapat memotivasi seluruh masyarakat Indonesia.

Kominfo khususnya Ditjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) telah berupaya mendukung harapan tersebut dengan menyediakan fasilitas Media Center di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Ketiga tempat tersebut pernah dikunjungi Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman beserta Wakil Ketua Umum II Mayjen TNI Purn Soedarmo, Wakil Ketua Umum IV Chris John, Sekretaris Jenderal Drs. Tb. Lukman Djajadikusuma, MEMOS, dan Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat bidang Komunikasi Publik Dr Aqua Dwipayana.

Terakhir, Marciano melakukan jumpa pers di Media Center Kabupaten Merauke pada Selasa pagi (12/10/2021). Saat acara itu Marciano mengapresiasi pemerintah Kabupaten Merauke dan masyarakatnya yang telah berupaya maksimal untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XX di daerah itu.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Merauke dan masyarakat di sini yang telah berusaha secara maksimal menjadi tuan rumah yang baik kepada semua tamu. Kalau ada kurangnya, kami harus dapat memakluminya,” kata Marciano yang duduk di samping Wakil Bupati Merauke Riduwan. (*)

  • Bagikan