Membanggakan! 5 Jurnal Ilmiah UM Raih Reakreditasi Peringkat dari Ditjen Dikti

Jurnal ilmiah UM. (Foto: Tangkapan layar IG @universitasnegerimalang/Tugu Jatim)
Ucapan selamat dan sukses atas reakreditasi peringkat jurnal-jurnal UM. (Foto: Tangkapan layar IG @universitasnegerimalang)

MALANG, Tugujatim.id – Inovasi-inovasi selalu dilakukan Universitas Negeri Malang (UM) demi meng-upgrade kualitas. Terbaru, 5 jurnal ilmiah UM mendapatkan pengakuan resmi atas penjaminan mutu Jurnal Ilmiah dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti) pada Senin (06/06/2022).

Setelah melalui penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan Jurnal ilmiah, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 105/E/KPT/2022 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah periode I Tahun 2022, 5 jurnal dari berbagai fakultas di UM yang berhasil reakreditasi dari peringkat yang sebelumnya.

Kabar baik ini pun di-posting media Instagram resmi @universitasnegerimalang lengkap dengan pesan selamat dan sukses atas perolehan akreditas jurnal ilmiah itu. Jurnal ilmiah UM yang menerbitkan volume setiap 2 kali setahun ini memuat topik sesuai fokus dan bidang fakultas masing-masing.

Total ada 2 jurnal yang berhasil reakreditasi naik peringkat dan 3 jurnal yang konsisten pada peringkat sebelumnya. Rinciannya, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM berhasil naik dari peringkat 4 ke peringkat 3 mulai Volume 28 Nomor 1 Tahun 2021 sampai Volume 32 Nomor 2 Tahun 2025. Jurnal yang terbit setiap April dan Oktober dalam setahun ini berisi tentang tulisan/artikel hasil pemikiran pakar, praktisi, ilmuwan, dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran.

Jurnal ilmiah UM selanjutnya, Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi yang dikelola oleh Program Studi Ilmu Perpustakaan Departemen Sastra Indonesia Fakultas Sastra UM ini reakreditasi dari peringkat 5 ke peringkat 4 mulai Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 sampai Volume 9 Nomor 1 Tahun 2025. Terbit setiap Juni dan Desember, jurnal ini adalah hasil dari pemikiran dan penelitian oleh para ahli, ilmuwan, praktisi yang menyajikan resensi penelitian, gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, telaah pustaka, dan resensi buku.

Sedangkan 3 jurnal lain berhasil bertahan di peringkat sebelumnya. Yaitu, Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Dikelola oleh Departemen Teknologi Pendidikan Fakultas Teknologi Pendidikan UM, jurnal ini konstan di peringkat ketiga mulai dari Juli 2018, dan kembali reakreditasi di peringkat yang sama mulai dari menerbitkan Volume 6 Nomor 2 Tahun 2021 sampai Volume 11 Nomor 1 Tahun 2026.

Selain itu, ada International Research-Based Education Journal yang dipublikasikan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan UM. Jurnal ini meraih akreditasi baru peringkat 4 mulai Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 sampai Volume 6 Nomor 2 Tahun 2024. Terakhir, jurnal bertajuk Bangunan oleh Departemen Teknik Sipil UM yang reakreditasi tetap di peringkat 5 mulai Volume 26 Nomor 2 Tahun 2021 sampai Volume 31 Nomor 1 Tahun 2026.

Selamat untuk perolehan akreditasi baru jurnal-jurnal ilmiah UM ya! Makin bikin bangga.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim