Mendadak Dr Aqua Dwipayana Bicara di BMPD Sumbar, Lanud Sutan Sjahrir Padang, Bank Nagari, dan Denpom I/4 Padang - Tugujatim.id

Mendadak Dr Aqua Dwipayana Bicara di BMPD Sumbar, Lanud Sutan Sjahrir Padang, Bank Nagari, dan Denpom I/4 Padang

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama.(Foto: Dokumen)

PADANG, Tugujatim.id – Rezeki Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana terus bertambah. Niat untuk silaturahim tanpa pamrih, menghasilkan amanah Sharing Komunikasi Motivasi empat sesi.

Tidak tanggung-tanggung, pemberi amanah tiga orang penting di Sumatera Barat (Sumbar). Mereka adalah Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama A., Direktur Utama Bank Nagari (Bank Pembangunan Daerah Sumbar-pen) Muhammad Irsyad, Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Sutan Syahrir Padang Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlefie, dan Komandan Denpom I/Padang Mayor Cpm Partomuan Tanjung.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Komandan Denpom I/Padang Mayor Cpm Partomuan Tanjung.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Komandan Denpom I/Padang Mayor Cpm Partomuan Tanjung.(Foto: Dokumen)

Undangan Sharing Komunikasi tersebut diterima Dr Aqua seluruhnya pada Selasa (07/09/2021). Diawali tadi pagi dari Wahyu.

Saat Dr Aqua sedang menunggu untuk ketemu Muhammad Irsyad di Bank Nagari, tiba-tiba Wahyu telepon. Kemudian menanyakan jadwal motivator kondang itu pada hari ini.

“Pak Aqua sore ini apakah jadwalnya kosong? Saya mau mengundang bapak untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumbar,” ujar Wahyu.

Acara Sharing Komunikasi dan Motivasi yang digelas Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumbar. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Acara Sharing Komunikasi dan Motivasi yang digelas Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumbar. (Foto: Dokumen)

Setelah melihat jadwalnya sore ini masih kosong, Dr Aqua menyatakan siap. Mulainya sekitar pukul 16.30 dan tempatnya di kantor Wahyu. Disepakati topiknya adalah “Strategi Komunikasi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19”.

Acara tersebut sekaligus perpisahan dengan dua anggota BMPD Sumbar. Mereka adalah Pemimpin Wilayah BRI Sumbar Wahyu Hidayat yang pindah ke Yogyakarta dan Pemimpin Cabang Bank Syariah Indonesia (eks BRI Syariah) Heriyadi yang mutasi ke Jakarta.

“Begitu tahu Pak Aqua sedang di Padang, langsung saya kontak bapak. Memanfaatkan keberadaan Pak Aqua di sini untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara BMPD Sumbar. Alhamdulillah, bapak berkenan dan ada waktu luang,” ujar Wahyu yang berasal dari Payakumbuh, Sumbar.

Wahyu menugaskan Sekretaris BMPD Sumbar M. Rezha Ali Khan untuk koordinasi dengan Dr Aqua. Menyiapkan berbagai hal teknis yang terkait dengan Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut.

*Bagikan Buku “Super Best Seller”

Tidak hanya itu, Wahyu juga memutuskan membagikan satu dari buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim. Judul buku karya Dr Aqua itu adalah “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukes Menjalin Komunikasi” kepada semua bankir yang hadir. Mereka level pimpinan di banknya masing-masing.

“Dari buku-buku karya Pak Aqua, saya tertarik salah satunya pada buku super best seller yang berjudul The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi. Saya yakin buku itu sangat bermanfaat buat seluruh pimpinan bank di Sumbar, termasuk agar dapat mempertahankan kinerja masing-masing saat pandemi Covid-19 ini,” ujar Wahyu.

Buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” diluncurkan pada Jumat (15/04/2016) bersamaan dengan promosi Doktor Komunikasi Aqua di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Filkom Unpad) Bandung.

Awalnya ditulis dan diterbitkan dengan tujuan buat suvenir kegiatan tersebut. Ternyata pesanan bukunya banyak sekali. Sampai sekarang sudah delapan kali cetak sebanyak 160 ribu eksemplar. Setiap cetak 20 ribu eksemplar. Buku itu masuk kategori “super best seller”.

Sebelum ujian terbuka itu, Dr Aqua sering menghadiri promosi doktor teman-temannya di berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia. Dari semua acara yang dihadirinya tidak ada satu pun suvenirnya yang menarik. Umumnya beli di toko dan dicap nama orang yang promosi doktor.

“Berdasarkan pengalaman itu, saya mau memberikan hadiah buku sebagai suvenir kepada seluruh tamu yang hadir. Saya ingin kesannya sesuatu banget, seperti jargon yang sering disampaikan penyanyi terkenal Syahrini,” jelas Dr Aqua.

Wartawan senior yang telah banyak menulis Nurcholis MA Basyari membantu sepenuhnya penulisan buku itu dari awal hingga tuntas.  Untuk penyelesaiannya, mereka nyaris tidak tidur selama tiga hari dua malam di rumah Yogyakarta milik Dr Aqua.

Meski harus kerja keras untuk menuntaskan buku itu, tapi Dr Aqua sangat bersyukur. Apalagi semua tamunya yang mencapai ratusan orang, termasuk para jenderal TNI dan Polri puas dan senang menerima buku tersebut saat diberikan pada promosi doktornya.

Cetakan pertama buku itu sebanyak 20 ribu eksemplar. Dengan cepat, hanya hitungan bulan seluruhnya habis terjual. Seiring dengan itu, penulis belasan buku yang sebagian “best seller” ini langsung meniatkan untuk menggunakan semua hasil penjualan bukunya buat berbagai kegiatan sosial, terutama membiayai umroh banyak orang.

Dari buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” lahirlah kemudian Gerakan Umrah The Power of Silaturahim (POS) yang dibiayai dari hasil penjualan buku tersebut. Ketua tetap rombongan umrohnya setiap tahun adalah Nurcholis.

“Mas Nurcholis yang juga asesor uji kompetensi wartawan tingkat nasional dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sangat amanah, sehingga saya sekeluarga memberi kepercayaan kepada beliau sebagai ketua rombongan umroh The POS seumur hidup,” ungkap Dr Aqua.

Bergulir sejak 2017, total jamaah The POS yang dipimpin Nurcholis itu hingga kini mencapai 167 orang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang sosial-budaya, ekonomi, dan pekerjaan/profesi.  Perinciannya, POS I 2017 sebanyak 35 orang, POS II 2018 (39 orang), POS III 2019 (50 orang), dan POS IV 2020 (43 orang).

Jamaah POS IV sedianya berangkat ke Tanah Suci April 2020 lalu. Namun, keberangkatan jamaah POS IV terhadang oleh pandemi Covid-19 sehingga tertunda entah sampai kapan. Semoga saja pandemi ini cepat berakhir sehingga jamaah POS IV dapat segera menunaikan umroh ke Tanah Suci Makkah dan berziarah ke Masjid Nabawi di Madinah.

Para peserta umroh gratis ini terdiri dari dua kriteria. Pertama, orang yang pernah berjasa pada Dr Aqua sekeluarga. Antara lain teman SMA, teman kuliah S-1 dan S-3.  Juga ada janda redakturnya di Harian Suara Indonesia, anak perusahaan Jawa Pos. Sopir, pembantu, dan orang yang pernah merawat ibunya ketika masih hidup.

Kedua, Dr Aqua melanjutkan, orang-orang yang selama ini bergiat di bidang agama, antara lain guru ngaji, marbot, dan pengurus masjid yang tidak punya kemampuan secara ekonomi, juga menjadi target dari program umroh gratis The POS.

Mereka berasal dari berbagai provinsi, antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, seluruh Jawa, Bali, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Beri Masukan

Setelah komunikasi sama Wahyu, Aqua diskusi sama Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad. Dia didampingi Pimpinan Bank Nagari Cabang Utama Padang Yasrizal Idrus.

“Pak Aqua kan Pakar Komunikasi. Saya butuh bantuan bapak untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajaran saya. Mohon Pak Aqua jadwalkan,” ujar Jack, panggilan akrab Muhammad Irsyad.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Dirut Bank Nagari Muhammad Irsyad.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Dirut Bank Nagari Muhammad Irsyad.(Foto: Dokumen)

Dr Aqua menyatakan siap. Untuk itu motivator ulung tersebut memberikan beberapa masukan terkait dengan rencana Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut.

“Saya setuju sekali dengan semua saran Pak Aqua. Silakan dilaksanakan. Kita awali dengan level pimpinan di Bank Nagari,” ungkap Jack.

Sementara saat Dr Aqua silaturahim ke Danlanud Sutan Syahrir Padang Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlefie di kantornya, pejabat yang rendah hati itu spontan meminta Dr Aqua untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajarannya dan istri.

“Selagi Pak Aqua di Padang, saya ingin bapak melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajaran saya. Sayang sekali kalau kehadiran Pak Aqua di sini tidak saya manfaatkan untuk berbagi ilmu, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman,” kata penerbang helikopter Super Puma itu.

Bapak dua anak tersebut yakin sekali Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua bermanfaat sekali untuk jajarannya. Terutama untuk tetap semangat di saat pandemi Covid-19.

Disepakati pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada Rabu pagi (08/09/2021). Untuk itu Fahlevie meminta anggotanya untuk mempersiapkan acaranya dengan sebaik-baiknya.

Seusai acara Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajaran Lanud Sutan Syahrir Padang, Dr Aqua melakukan hal serupa di Denpom I/4 Padang. Komandannya Mayor Cpm Partomuan Tanjung yang mengundangnya. (*)

  • Bagikan