Menelan 1 Korban, Pohon Setinggi 15 Meter di Jembatan Mergan Malang Tumbang

  • Bagikan
Pohon waru di daerah Mergan, Kota Malang, menimpa atap bengkel warga karena hujan deras dan angin kencang. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)
Pohon waru di daerah Mergan, Kota Malang, menimpa atap bengkel warga karena hujan deras dan angin kencang. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Lagi, pohon tumbang menimpa pengendara motor di Kota Malang. Pohon jenis waru atau disebut pohon korek setinggi sekitar 15 meter tumbang di dekat Jembatan Mergan, Jalan Raya Bandulan, Selasa (16/03/2021). Bahkan, 1 pengendara motor menjadi korban tertimpa pohon yang diperkirakan sudah berusia tua ini.

Informasi yang dihimpun dari saksi di lokasi, M. Ilham, 27, tumbangnya pohon ini terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu memang kondisi hujan deras dan angin kencang sekali. Tiba-tiba, pohon langsung tumbang dan menimpa pengendara motor di tengah jalan.

“2 orang berboncengan. Satu orang terlempar ke belakang istrinya dan 1 orang lagi kejepit kakinya. Kayaknya sampai patah tulang dan langsung dibawa ke rumah sakit memakai mobil pribadi warga,” tutur driver ojol yang sedang menunggu orderan ini.

Pohon juga menimpa pengendara sepeda motor di Kota Malang. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)
Pohon juga menimpa pengendara sepeda motor di Kota Malang. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)

Selain itu, pohon dengan diameter sekitar 60 cm ini juga menimpa kanopi bengkel di seberang jalan. Saksi lain, Ahmad Bashori, 63, menuturkan, selain kanopi bengkel yang rusak, juga ada 2 unit motor milik pelanggan yang ikut tertimpa.

Dalam kejadian itu, tiang-tiang listrik yang tertimpa itu bengkok menahan pohon di sekitar lokasi. “Makanya tadi langsung mati lampu,” tuturnya.

Sedangkan 1 korban tertimpa mengalami patah tulang kaki dan tangan atas nama Andik Agus Ali, 26, warga Jalan Rawi Sari, Kelurahan Mulyorejo, Kota Malang. Kini dia sudah dirawat di RSSA Malang.

Kerugian materiel akibat kejadian itu ditaksir mencapai Rp 25 juta. Selain itu, atap kanopi bengkel rusak dan ada 4 unit motor lain yang rusak tertimpa pohon.

Tiang listrik pun bengkok menahan pohon tumbang. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)
Tiang listrik pun bengkok menahan pohon tumbang. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)

Akibat kejadian ini, lalu lintas sempat terganggu selama sekitar 1,5 jam untuk mengevakuasi pohon. Para petugas PLN juga mulai bergerak memperbaiki instalasi kabel dan tiang-tiang listrik.

Terpisah, Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam BPBD Kota Malang Cornellia Selvyana Ayoe menuturkan, di waktu bersamaan di hari ini juga ada peristiwa serupa di 4 titik berbeda. Yakni, di dekat kantor dinsos, YPAC, kawasan SMK Janti, dan Jalan Raya Langsep.

Paling parah terjadi di Jembatan Mergan karena sampai ada pengendara yang jadi korban. Pihaknya langsung berpencar mengevakuasi pohon. Dia mengimbau agar warga tetap meningkatkan kewaspadaannya saat cuaca ekstrem.

“Diimbau untuk masyarakat lebih berhati-hati jika melewati kawasan hijau dengan pohon rindang saat hujan dan angin kencang,” imbaunya. (azm/ln)

  • Bagikan