Mengenal Blue Cheese yang Viral, Apa sih Manfaatnya bagi Kesehatan?

blue cheese. (Foto: Wikipedia/Tugu Jatim)
Ilustrasi blue cheese atau keju biru. (Foto: Wikipedia)

MALANG, Tugujatim.id – Baru-baru ini ada istilah baru yang lagi viral, yaitu Blue Cheese atau keju biru. Keju ini merupakan keju seperti pada umumnya namun yang membuatnya berbeda adalah adanya lapisan bermotif seperti urat yang berwarna kebiruan dalam kejunya. Itu disebabkan oleh bakteri yang sudah menua yang berada di dalam keju.

Varian Blue Cheese pun beragam seperti keju gorgonzola yang berasal dari Italia, keju biru stilton yang berasal dari Inggris, dan keju roquefort yang berasal dari Prancis. Sama seperti keju lainnya, keju biru berasal dari susu tapi dicampur dengan spora jamur yang berasal dari spesies Penicillium roqueforti.

Eits jangan salah, Blue Cheese ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho! Berikut ini Tugu Jatim telah merangkum beberapa manfaatnya.

1.Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat dari keju biru adalah bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal
itu disebabkan kandungan senyawa spermidine. Senyawa tersebut dipercaya mampu menunda penuaan dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Melawan Penyakit Arthritis

Arthritis adalah salah satu penyakit yang menyerang daerah persendian. Biasanya terjadi pada orang-orang yang sudah berusia lanjut. Dengan mengonsumsi keju biru, hal itu dapat membantu untuk
mengatasi masalah pada persendian dan mengurangi risiko terkena penyakit tersebut.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam setiap kandungan keju biru terdapat berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia. Hal itu sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Jika kamu sering mengonsumsi keju biru, akan membantu untuk mencegah penyakit yang akan masuk ke tubuh. Namun, konsumsi keju biru sewajarnya saja jangan berlebihan karena bisa berpotensi menimbulkan penyakit yang lainnya.

4. Menurunkan Risiko Terkena Osteoporosis

Keju biru juga merupakan salah satu sumber kalsium. Kandungan kalsium yang tinggi mampu untuk menurunkan risiko terkena penyakit osteoporosis. Selain itu, kalsium yang tinggi membuat tulang semakin padat dan dapat membantu melindungi kekuatan pada tulang.

5. Menjaga Kesehatan Gigi

Kalsium yang tinggi pada keju biru selain untuk menurunkan risiko terkena osteoporosis, juga bisa menjaga kesehatan pada gigi. Dengan kandungan kalsium dan fosfor pada keju biru, hal itu dianggap dapat membantu mencegah plak dan gigi berlubang. Jadi, mengonsumsi keju biru bisa sekaligus menjaga kesehatan pada gigi.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim