Mengenal Dorce Gamalama, Jadi Selebriti Terkenal hingga Nama Panggung Terinspirasi dari Gunung di Ternate

Dorce Gamalama. (Foto: IG dg_kcp/Tugu Jatim)
Dorce Gamalama semasa hidup yang menjadi selebriti terkenal. (Foto: IG dg_kcp)

Tugujatim.id — Siapa yang tidak mengenal nama Dorce Gamalama? Artis tanah air yang akrab disapa Bunda Dorce ini dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (16/02/2022). Tapi, semasa hidup sosoknya yang dikenal sebagai transgender itu sukses membawa dirinya terjun di dunia entertainment. Pada awal karirnya, Dorce berkecimpung di dunia pelawak.

Nama Dorce Gamalama diperoleh usai dia mengunjungi pulau di Ternate. Dia melihat Gunung “Gamalama”. Nama ini dipakai sejak 1984 sampai sekarang. Nama Gunung Gamalama adalah salah satu gunung vulkanik tinggi yang ada di Indonesia.

Gunung Gamalama terkenal dengan keindahannya dan juga sejarah panjang masyarakat Ternate di masa lampau. Selain itu, Gunung Gamalama juga menjadi simbol kebesaran bangsa yang mendiami Pulau Ternate. Tidak heran nama Gamalama dipakai Dorce sebagai nama panggungnya.

Sejak dirinya duduk di bangku SMP, Dorce memilih menekuni karir tarik suara. Selain itu, Dorce menyadari dirinya cenderung tertarik menjadi perempuan. Menyadari hal ini, Dorce membentuk penampilannya agar lebih tertarik di atas panggung dengan melawak menggunakan karakter perempuan.

Saat itu Dorce tergabung dalam kelompok Tari Waria Fantastic Dolls yang sering disebut “Dorce Ashadi”. Dorce termasuk waria pertama yang mau menunjukkan dirinya di depan publik.

Untuk lebih menarik lagi, Dorce mengubah penampilan dan kepribadiannya di dunia entertainment. Dia melakukan operasi dengan mengubah dirinya mirip seperti perempuan pada umumnya. Operasi ini dilakukannya pada 1983 di Surabaya, Jatim.

Semenjak dia terjun di dunia entertainment, Dorce berhasil meraih beberapa prestasi dalam dunia hiburan, seperti presenter papan atas Indonesia dan mencatatkan namanya dalam rekor MURI karena berhasil meluncurkan 9 album sekaligus dalam waktu 5 bulan sejak November 2005-5 Maret 2006 (dikutip dari detikjatim).

Selain menekuni dunia tarik suara, artis yang berasal dari Solok Sumatera Barat ini juga terjun di dunia komedian, pemandu acara, dan film.

Sebelum dirinya dikabarkan meninggal dunia, Dorce diketahui sempat membuat video yang cukup viral yang ditujukan kepada mantan Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri. Lantaran Dorce mengaku biaya perawatannya yang kurang selama di rumah sakit ditanggung Megawati.