Mengenal Kaizen, Prinsip Orang Jepang untuk Atasi Rasa Malas! - Tugujatim.id

Mengenal Kaizen, Prinsip Orang Jepang untuk Atasi Rasa Malas!

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang sedang bermalas-malasan. (Foto: Unsplash/Tugu Jatim)
Ilustrasi seseorang sedang bermalas-malasan. (Foto: Unsplash/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Sejak kecil orang-orang Jepang dilatih untuk memiliki prinsip. Salah satunya adalah mengulang berbagai macam rutinitas kecil yang bernilai positif setiap hari. Jadi, pada akhirnya rutinitas kecil tersebut akan menjadi suatu budaya yang terus dilakukan hingga mereka beranjak dewasa. Mereka pun akhirnya menjadi pribadi yang disiplin tanpa adanya rasa malas. Prinsip inilah yang dikenal dengan nama “kaizen”.

Kaizen sendiri berasal dari dua suku kata yaitu “kai” yang artinya berubah dan “zen” yang artinya lebih baik. Secara umum kaizen berarti perubahan yang lebih baik dalam hidup bisa diraih secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan.

Prinsip ini juga dikenal dengan sebutan “1 menit” yang artinya melatih seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam satu menit setiap harinya di waktu yang sama. Jika Anda ingin menerapkannya, mulailah dengan hal-hal sederhana seperti membaca buku. Tentukan waktu yang sama untuk membaca buku setiap hari, misalkan pada pukul 07.00.

Dengan melakukan hal ini, akan muncul rasa tanggung jawab melakukan suatu hal. Ketika Anda berhasil melakukannya, akan muncul pula perasaan bahagia karena dapat melakukan sesuatu hal secara tuntas. Dengan adanya perasaan bahagia ini, maka akan timbul rasa ingin kembali melakukannya atau biasa disebut dengan rasa ketagihan. Sebab, Anda sudah bertanggung jawab dengan tugas yang mampu diselesaikan dengan baik. Jika pada awalnya Anda hanya melakukan aktivitas tersebut selama 1 menit, nantinya bisa saja bertambah menjadi 5 menit, 25 menit, atau bahkan lebih lama dari itu.

Prinsip kaizen dapat dilakukan oleh siapa pun dan pada aspek kehidupan apa pun. Kunci utama dari prinsip ini adalah konsisten agar rutinitas kecil tadi akan melekat dan menjadi suatu kebiasaan. Yuk mulai menerapkan prinsip kaizen ini dalam keseharian Anda. Siapa ya yang berhasik konsisten gaes…? (Ifa Nadhifah/ln)

 

  • Bagikan