Mengenal Ringworm, Apa sih Penyebab dan Bagaimana Cara Pengobatannya?

ringworm. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Ilustrasi ringworm. (Foto: Pinterest)

MALANG, Tugujatim.id – Istilah ringworm akhir-akhir ini sedang banyak diperbincangkan publik. Tahukah Anda apa itu ring ringworm?

Ringworm adalah sejenis infeksi pada kulit yang disebabkan jamur dengan gejala seperti ruam melingkar berbentuk seperti cincin berwarna merah dan terasa gatal. Infeksi jamur pada kulit tersebut biasanya disebabkan benda-benda di sekitar. Di antaranya, pakaian, handuk, dan tempat tidur.

Spesies jamur yang hidup bisa lebih dari 40 jenis ini dapat membuat infeksi pada kulit. Ini bisa hidup atau tinggal dalam kulit atau permukaan lain yang udaranya cukup lembap. Untuk di Indonesia, masyarakat sering menyebut ringworm dengan sebutan kurap. Infeksi satu ini bisa menyerang pada manusia dan hewan.

Untuk gejala awal dari adanya ringworm pada manusia adalah terasa gatal pada bagian tertentu di tubuh. Lalu muncul bercak putih atau keabu-abuan pada area tubuh yang lebih gelap. Bercak yang muncul bisa menyerupai cincin. Selain itu, kulit tampak bersisik pada area tertentu yang terkena infeksi jamur. Gejala lain yang muncul adalah kulit terasa terbakar dan muncul bau tak sedap.

Nah, itulah gejala awal adanya infeksi jamur pada tubuh. Jika hal itu terjadi, segeralah konsultasi pada dokter agar tertangani. Jamur biasanya menyebar dari manusia ke manusia, hewan ke manusia, objek ke manusia, dan tanah ke manusia.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda juga harus lebih aware. Karena itu, lakukanlah beberapa tips berikut agar terhindar dari ringworm:

1. Menjaga asupan pola makan atau nutrisi yang masuk pada tubuh.
2. Harus selalu menjaga kebersihan.
3. Memakai barang yang nyaman digunakan pada tubuh.
4. Ganti kaus kaki atau pakaian dalam 2 x sehari.
5. Selalu mencuci tangan dan memakai sabun setelah bermain dengan hewan peliharaan.
6. Mandi dengan teratur.

Itulah beberapa tips dari Tugu Jatim agar terhindar dari ringworm. Jagalah kebersihan di sekitar agar terhindar dari infeksi jamur ya!

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim