Menkes Sebut 116 Juta Dosis Vaksin Telah Didistribusikan ke Daerah - Tugujatim.id

Menkes Sebut 116 Juta Dosis Vaksin Telah Didistribusikan ke Daerah

  • Bagikan
Ilustrasi vaksin Covid-19. Menkes Budi Gunadi menyebut telah menyebarkan 116 juta dosis vaksin Covid-19 ke berbagai daerah di Indonesia. (Foto: Pexels) tugu jatim
Ilustrasi vaksin Covid-19. Menkes Budi Gunadi menyebut telah menyebarkan 116 juta dosis vaksin Covid-19 ke berbagai daerah di Indonesia. (Foto: Pexels)

JAKARTA, Tugujatim.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut sebanyak 116 juta dosis vaksin Covid-19 telah didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia.
Sebelumnya, Indonesia telah menerima 130 juta dosis vaksin Covid-19.

“130 juta dosis sudah kami terima, 116 juta vaksin sudah ada di daerah, 8,1 juta sedang dalam perjalanan,” kata Menkes dalam keterangan pers mengenai “Update Ketersediaan Vaksin di Indonesia”, Selasa (24/08/2021).

Sementara, lanjut Menkes, untuk sisanya sekitar 5,3 juta dosis stok vaksin masih berada di pusat dan sebagian dalam proses repacking atau pengemasan ulang sebelum dikirim ke daerah. Repacking ini membutuhkan waktu dua atau tiga hari.

Adapun dari 116 juta dosis vaksin Covid-19 yang ada di daerah, per Senin (23/08/2021) Budi mengatakan, sebanyak 91 juta dosis sudah disuntikan kepada masyarakat.

“Jadi masih ada sekitar 25 juta stok di daerah. Kalau kecepatan (vaksinasi) itu 1 juta perhari, jadi masih ada stok di daerah sekitar 25 hari, itu sebenernya cukup, karena kita akan datang (vaksin) cukup banyak,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Budi meminta setiap daerah untuk segera melakukan vaksinasi sesuai arahan yang diberikan. Karena dia menyebut, ada isu-isu daerah yang merasa kekurangan stok vaksin Covid-19.

“Ada yang merasa kekurangan, karena kalau di daerah ada yang dapat seribu (sosis vaksin) tapi hanya disuntikan lima ratus, sisanya untuk stok dosis kedua. Atas arahan Bapak Presiden, daerah tidak perlu memegang stok, karena nanti akan diatur suntik keduanya dari pusat,” ujar Menkes.

Budi menuturkan, capaian target vaksinasi dan stok vaksin dapat dilihat oleh publik pada laman http://vaskin.kemkes.go.id.

  • Bagikan