Menteri BUMN Erick Thohir Dukung Pesantren di Kabupaten Pasuruan Jadi Mercusuar Ekonomi - Tugujatim.id

Menteri BUMN Erick Thohir Dukung Pesantren di Kabupaten Pasuruan Jadi Mercusuar Ekonomi

  • Bagikan
Erick Thohir. (Foto: Pemkab Pasuruan)
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) bersama Bupati Pasuruan Gus Irsyad (tengah) saat talk show di Ponpes Wahid Hasyim. (Foto: Pemkab Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Menteri BUMN Erick Thohir memberikan dukungan penuh kepada pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Pasuruan untuk bisa berkembang jadi salah satu mercusuar perekonomian warga. Dukungan ini disampaikan Erick Thohir saat menjadi pembicara di talk show bertema “Generasi Muda NU Menyambut Indonesia Emas” di Ponpes Wahid Hasyim, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Minggu (16/01/2022).

Kehadiran Menteri BUMN itu disambut langsung oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Wabup Pasuruan Abdul Mujib Imron, bersama forkopimda dan pengasuh Ponpes Wahid Hasyim. Erick Thohir mengungkapkan, ponpes punya potensi besar jadi mercusuar ekonomi masyarakat. Hal ini didukung posisi Indonesia sebagai salah satu negara muslim terbesar di dunia.

“Pesantren jadi bagian penting untuk menggerakkan perekonomian. Nantinya bisa saja pesantren jadi mercusuar bertumbuhnya ekonomi umat. Tapi, dengan catatan semua bergerak dengan produktif,” ujarnya.

Erick Thohir menambahkan, agar bisa jadi mercusuar perekonomian, santri tidak boleh ketinggalan zaman. Perlu penguasaan teknologi agar bisa menjadi produsen yang menembus pasar luar negeri.

“Kalau teknologi dikuasai, nantinya Indonesia tidak hanya menjadi pasar bagi negara lain, tapi sekaligus jadi produsen,” ucapnya.

Meski begitu, Erick menyayangkan karena Indonesia belum masuk sebagai negara produsen makanan halal terbesar di dunia. Masyarakat masih cenderung konsumtif dengan produk luar negeri. Padahal, seharusnya bisa menjadi produsen makanan halal bagi negara lain.

“Kami sediakan program dari BUMN untuk dongkrak perekonomian. Harapan kami, program itu bisa dimanfaatkan untuk memajukan ekonomi,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf mengungkapkan, Pemkab Pasuruan sudah menyediakan program unggulan untuk mendukung perekonomian pesantren. Yaitu program Pelasan (Pelatihan Santri) untuk meningkatkan kemampuan wirausaha, mulai dari sektor perikanan, peternakan, dan lain-lainnya.

“Program itu nantinya kami sinergikan dengan program Bapak Menteri. Selain diberi pelatihan, nanti kami support juga terkait permodalan dan lain-lainnya,” ujarnya.

  • Bagikan