Menuju KLA, Forum Anak Kabupaten Kediri Siap Kawal Hak Anak - Tugujatim.id

Menuju KLA, Forum Anak Kabupaten Kediri Siap Kawal Hak Anak

  • Bagikan
Forum Anak. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pengukuhan pengurus dan anggota Forum Anak Kabupaten periode 2021-2023 pada Rabu (24/11/2021). (Foto: Dokumen)

KEDIRI, Tugujatim.id –  Pengurus dan anggota Forum Anak Kabupaten Kediri periode 2021-2023 dikukuhkan pada Rabu (25/11/2021). Tujuannya untuk menjamin pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, juga berpartisipasi di masyarakat secara optimal serta mendukung Kabupaten Kediri sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

Pengukuhan dilakukan Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa dan didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Nur Wulan Andadari di daerah Wisata Sumber Kembang, Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Pengurus baru Forum Anak Kabupaten Kediri sebanyak 47 anak. Mereka terdiri dari anak-anak pilihan sejumlah sekolah di Kabupaten Kediri, baik negeri ataupun swasta. Turut hadir dalam pengukuhan itu, di antaranya anggota DPRD Kabupaten Kediri Feni Widyawati dan Kepala Dinas Pendidikan Sujud Winarko. Selain ada pengukuhan, juga digelar diskusi interaktif.

“Agar bisa menjadi pelopor dan pelapor kekerasan anak yang ada di Kabupaten Kediri. Ini juga menjadi motivasi dan inspirasi anak-anak lain di Kabupaten Kediri. Dan menjadi teladan di lingkungannya. Semoga Forum Anak ini bisa mendukung Kabupaten Kediri layak anak,” tutur Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa.

Nantinya, Forum Anak Kabupaten Kediri akan didampingi oleh DP2KBP3A, terutama untuk pembuatan program kerjanya. Harapkannya tahun depan, program kerja Forum Anak Kabupaten Kediri bisa semakin beragam.

“Karena mungkin hal-hal yang mereka sampaikan sepele atau kecil, tapi itu memberikan dampak yang menurut kami untuk pembangunan yang sangat baik. Jadi, pasti kami akan mendampingi dengan program-program kegiatan yang bisa diadakan di dinas kami,” tutur Kepala Dinas DP2KBP3A Nur Wulan Andadari.

Dalam pemilihan pengurus Forum Anak Kabupaten Kediri, berkoordinasi dengan sekolah serta dinas pendidikan. Kemudian ditetapkan anak-anak pilihan untuk menjadi pengurus Forum Anak.

“Memang anak-anak ini mempunyai potensi untuk peduli kepada lingkungannya dan anak-anak yang mempunyai prestasi di sekolah,” tambah Nur Wulan Andadari.

Dengan adanya Forum Anak ini, ke depannya diharapkan bisa mendukung langkah Kabupaten Kediri untuk menjadi Kabupaten Layak Anak. Jajaran pengurus Forum Anak sendiri siap menjalankan program-program kerja untuk menyukseskan hal tersebut.

“Kami berharap dengan dilantiknya kami Kabupaten Kediri lebih cepat diakui menjadi kabupaten layak anak dan anak-anak di Kediri aspirasinya lebih mudah. Nanti juga akan ada penyusunan suara anak. Pelibatan anak dalam musyawarah perencanaan pembangunan juga tidak akan kami sia-siakan. Selain itu, kami juga punya program-program kerja yang pastinya pro anak dan mengawal hak anak,” ujar Ketua Forum Anak Kabupaten Kediri Ghulam Pasa Pambayun. (Yb)

  • Bagikan