Microsleep, Tidur Singkat yang Perlu Diwaspadai saat Berkendara - Tugujatim.id

Microsleep, Tidur Singkat yang Perlu Diwaspadai saat Berkendara

  • Bagikan
Ilustrasi seorang pria yang sedang mengantuk.
Ilustrasi seorang pria yang sedang mengantuk. (Foto: Canva)

Oleh: Arlan Nugraha*

Tugujatim.id – Saat ini sedang ramai istilah “microsleep”. Istilah ini banyak dibicarakan setelah kejadian kecelakaan tunggal artis Vanessa Angel bersama suaminya di Tol Nganjuk arah Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021).

Setelah kejadian tersebut warganet banyak yang menyebutkan bahwa kecelakaan maut itu akibat sopir Vanesa yang mengantuk dan menyebutnya sebagai microsleep.

Nah, sebenarnya apa microsleep itu? Seperti apa ciri-cirinya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Microsleep adalah hilangnya kesadaran seseorang karena mengantuk yang berlangsung sangat singkat. Microsleep ini bisa terjadi hanya dalam hitungan detik saja. Microsleep bisa menjadi sebuah ancaman dan membahayakan ketika seseorang mengalami hal ini saat berkendara. Ini bisa membuat kehilangan alih dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

Microsleep bisa diketahui dengan ciri-ciri refleks dan konsentrasi menurun, kepala dan kelopak mata terasa berat, kerap menguap dan kepala mengangguk tanpa sengaja.

Lalu, apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari microsleep yang bisa membahayakan nyawa kita bahkan nyawa orang lain ini?
Beberapa cara di antaranya bisa dengan minum berkafein seperti kopi 30 menit sebelum berkendara. Saat mengemudi tetap beraktivitas dengan cara mengobrol agar tubuh tetap terjaga.

Kemudian, apabila akan bepergian dengan berkendara sebaiknya menjaga kualitas tidur selama 7-8 jam. Selama mengemudi perhatikan respons tubuh ketika merasa ngantuk. Dan, yang paling penting adalah segera menepi jika merasa ngantuk untuk melakukan peregangan dan beristirahat dengan tidur sekitar 20-30 menit.

Itulah penjelasan mengenai microsleep dan jangan lupa terapkan cara mengatasi microsleep ketika kita mengantuk saat berkendara. Stay safe dan tetap bahagia.

*Penulis adalah member Pondok Inspirasi.

  • Bagikan