Minim Pendaftar Perempuan, Bawaslu Tuban Perpanjang Pendaftaran Pengawas Desa dan Kelurahan selama 3 Hari

Bawaslu Tuban.
Ilustrasi pengawas Pemilu 2024. (Foto: webiste Bawaslu.go.id)

TUBAN, Tugujatim.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban memperpanjang masa pendaftaran pengawas desa dan kelurahan (PKD) di 51 desa/kelurahan di 19 kecamatan di Bumi Wali. Perpanjangan yang dilakukan Bawaslu Tuban tersebut karena pendaftar untuk keterwakilan perempuan minim pendaftar alias belum terpenuhi.

“Ya, benar. Ada beberapa desa yang kuota pendaftar perempuannya kurang sehingga diperpanjang,” ucap Komisioner Bawaslu Tuban Marpuah kepada Tugu Jatim pada Selasa (24/01/2023).

Marpuah mengatakan, proses rekrutmen pengawas di tingkat desa maupun kelurahan ini telah dibuka sejak 14-19 Januari 2023. Namun, karena mempertimbangkan kuota 30 persen keterwakilan perempuan sehingga diperlukan perpanjangan selama tiga hari pada 24-26 Januari 2023.

“Perpanjangan dimulai 24-26 Januari khusus untuk perempuan,” ucap Koordinator Divisi SDM Organisasi dan Diklat Bawaslu Tuban ini.

Dia melanjutkan, 51 desa yang masuk masa dalam perpanjangan di antaranya Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar; Bangilan, Sidodi, dan Weden, Kecamatan Bangilan; Desa Dahor, Ngrejeng, dan Grabagan, Kecamatan Grabagan; lalu Desa Karantengah, Paseyan, dan Sugihan, Kecamatan Jatirogo.

Selanjutnya, Kecamatan Jenu di Desa Mentoso, Desa Karanglo, Sidonganti, dan Trantang berada di Kecamatan Kerek. Untuk Kecamatan Merakurak, ada di Desa Tuwirikulon, Senori, dan Sambonggede. Juga Desa Maindu dan Pucangan di Kecamatan Montong.

Desa lain yang juga kekurangan pendaftar perempuan di Desa Dawung, Tegalbang, Ngimbang, dan Cempokorejo, Kecamatan Palang. Untuk Kecamatan Parengan, ada di empat desa yakni Parangbatu, Sembung, Sendangrejo, dan Sukorejo. Sementara di Kecamatan Plumpang, ada Desa Kesamben, Kedungrojo dan Kedungsoko.

Untuk Desa Kanorejo, Banjararum, dan Kebonagung di Kecamatan Rengel; Desa Bektiharjo, Boto, dan Jadi, Kecamatan Semanding. Sedangkan Kecamatan Senori ada di Desa Rayung, Sendang, dan Wanglukulon.

Lima kecamatan lainnya yakni Singgahan di Desa Tunggulrejo, Kedungjambe, Kecamatan Soko di Desa Menilo, Jegulo, Bangunrejo, Sumurcinde, Pandanwangi dan Rahayu, serta Kecamatan Tambakboyo di Desa Cokrowati. Sedangkan untuk wilayah Tuban berada di Kelurahan Mondokan dan Perbon, serta Desa Ngadirejo di Kecamatan Widang.