Bisnis  

Nasi Goreng Jagung, Kuliner Anti Mainstream di Tuban

nasi goreng tugu jatim
Nasi goreng jagung. Foto: Rochim/Tugu Jatim

TUBAN, Tugujatim.idNasi goreng umumnya terbuat dari nasi putih. Namun ada variasi baru yang dilakukan Karji (31), warga Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Dia membuat nasi goreng yang bahan utamanya dari jagung, nasi goreng jagung namanya.

Karji membuat usaha kuliner nasi goreng jagung sejak tiga tahun lalu bersama istrinya. Saat itu, dia bingung akan bekerja apa setelah pulang kampung ke Tuban pasca merantau di Kalimantan. Karena mempunyai skill memasak dan banyak menemukan jagung di sekitar rumahnya, maka tercetuslah ide nasi goreng jagung itu.

Lalu Karji memberanikan diri memasarkan nasi goreng jagung ke wilayah Tuban. Namun, hasilnya tidak memuaskan. Dalam sehari, dia hanya bisa menjual beberapa bungkus saja.

nasi goreng tugu jatim
Karji membuat nasi goreng jagung. Foto: Rochim/Tugu Jatim

Hal ini tidak membuat Karji patah semangat. Dia memulai menjual nasi gorengnya dengan memanfaatkan marketplace yang ada di media sosial. Ternyata, masyarakat antusias dengan hasil masakannya.

Meskipun menjualnya hanya dari rumah, dia bisa menjual setiap harinya 60 porsi nasi goreng jagung. Harga yang dipatokpun ramah di kantong, yakni Rp10-12 ribu. “Dulu tidak begitu ramai, sekarang ramai order bisa melalui media sosial. Kadang ada yang datang ke rumah langsung,” ujarnya.

Nasi goreng jagung olahannya dibuat dengan bumbu seperti umumnya nasi goreng lalu dicampur dengan nasi jagung. Lalu ditambah taburan toping ikan teri untuk melengkapi cita rasa nasi goreng jagung. Tak hanya itu, menu lauk lain seperti telur, daging suwir, sosis, hingga jeroan ayam juga disediakan sebagai pelengkap.

“Namun kebanyakan pelanggan yang datang memilih untuk memesan nasi goreng jagung dengan toping ikan teri karena lebih terasa gurih,” pungkasnya.

Selain rasanya yang gurih dan nikmat, kata dia, nasi goreng jagung memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, salah satunya mengontrol gula darah pada tubuh.