News  

Netizen Sindir Mobil Pemkot Surabaya Siram Pohon saat Hujan: Benar-benar Cerdas

Mobil tangki air milik pemkot Surabaya yang menyiram taman saat hujan.
Mobil tangki air milik pemkot Surabaya yang menyiram taman saat hujan.(Foto: Dokumen Twitter)

SURABAYA, Tugujatim.idMobil tangki air milik Pemkot Surabaya mendapat sindiran dari para netizen. Hal ini setelah mobil tangki tersebut ketahuan menyiram tanaman di kawasan Merr, Surabaya, saat kondisi hujan pada Jumat (12/8/2022). Peristiwa ini dianggap lucu.

“Menyiram tanaman dikala hujan, benar-benar cerdas dan lugas,” sebut akun Twitter tersebut dengan gaya sindiran sarkasme.

Menanggapi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, kejadian itu pada saat kondisi hujannya hanya singkat sekitar 15 menit dan mendadak.

“Sebelum hujan mereka juga menyiram. Khawatirnya hanya mendung dan tidak turun hujan, mengingat saat ini masih kemarau,” kata Hebi, Minggu (14/8/2022).

Kata Hebi, Intensitas hujan pada saat itu juga rendah dan yang sedang berlangsung tidak lama. Sehingga, petugas menyiram tanaman dengan kuantitas air yang banyak, supaya menyimpan air dalam biopori.

“Di taman-taman itu kan ada biopori untuk menyimpan air. Karena cuacanya kan panas sekali memang,” ujarnya.

Hebi menyebut, untuk menyiram tanaman sendiri, petugas mengambil air dari sungai. Karena air sungai banyak amonia atau pupuk basah. Air sungai atau air got itu disebut mengandung unsur (N) nitrat dan (P) fosfat di sungai.

“Kalau pakai air PDAM malah bahaya, ada tawas, tidak bagus untuk tanaman. Yang bagus memang air sumur, tapi air sumur kan susah. Air kencing kita itu mengandung unsur nitrat dan fosfat, malah bagus, air got juga bagus,” pungkasnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim