Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Pentingnya “Zero Complain”

Dr Aqua. (Foto: Dok Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana bersama Manajer PLN UP3 Pematang Siantar Petrus Gading Aji N. P.(Foto: Dok Dr Aqua Dwipayana)

PARAPAT, Tugujatim.id – Para pegawai di lingkungan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pematang Siantar, harus benar-benar mempersiapkan diri untuk bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Dengan demikian, para konsumen akan puas dan tidak melakukan komplain atas layanan yang telah diberikan. Sehingga muncul apa yang disebut “Zero Complain”.

“Di sinilah perlunya memiliki komunikasi yang baik di lingkungan keluarga, pertemanan dan juga pekerjaan. Komunikasi adalah aspek terpenting dalam setiap denyut kehidupan termasuk di lingkungan organisasi pekerjaan,” ucap Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran PLN UP3 Pematang Siantar, Kamis 11 Agustus 2022 malam ini.

Kepastian tentang Sharing Komunikasi dan Motivasi di PLN UP3 Pematang Siantar diperoleh saat Rabu malam (10/8/2022) kemarin, Dr Aqua bertemu Manajer PLN UP3 Pematang Siantar Petrus Gading Aji N. P. di Kafe Bros Medan.

Pada pertemuan yang berlangsung hampir tiga jam itu Aji, panggilan akrab Petrus Gading Aji N. P. menyampaikan pada Kamis ini pihak melaksanakan rapat kerja. Terkait itu dia mengundang Dr Aqua untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara tersebut.

“Selagi Pak Aqua di Medan, saya mau mengundang bapak untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada seluruh peserta rapat kerja PLN UP3 Pematang Siantar. Mereka membutuhkannya. Semoga Pak Aqua bisa dan berkenan,” ujar Aji.

Setelah melihat jadwalnya yang lumayan padat selama di Medan, baik untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi maupun silaturahim, Dr Aqua menyampaikan kepada Aji bahwa jadwal luangnya pada Kamis adalah malam hari. Hal ini juga memperkirakan waktu tempuh Medan ke Parapat sekitar tiga jam.

Harus Konsisten

Sharing Komunikasi dan Motivasi akan berlangsung di Wisma Retta Jl. Marihat, Tiga Raja Kec Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Pada kesempatan kali ini, Dr Aqua menyampaikan materi Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “The Winner: Tumbuh Handal Efisien Mewujudkan Kinerja Berintegritas Terbaik”.

Dr Aqua melanjutkan, harus konsisten memberikan layanan terbaik kepada semua pelanggan, sehingga mereka merasa puas. Dengan begitu seluruh konsumen akan selalu mendukung keberadaan PLN UP3 Pematang Siantar.

“Agar layanan terbaik itu terwujud maka komunikasi di internal dan eksternal organisasi harus bagus. Hal ini perlu menjadi perhatian dan prioritas semua pegawai untuk dilaksanakan,” pesan Dr Aqua.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini mengingatkan agar selalulah berkomunikasi dengan setulus hati dan menjadikan pekerjaan yang dijalani sebagai bagian dari ibadah. Melakukan itu sama sekali tidak ada ruginya. Sedangkan untungnya sangat banyak, baik bagi pegawai maupun institusi.

“Untuk itu biasakanlah berkomunikasi dengan setulus hati dan bekerja sebagai ibadah, sehingga semua aktivitas yang dilaksanakan lancar. Insya Allah hasilnya maksimal,” ungkap Dr Aqua.

Visi dan Misi

Mantan wartawan di banyak media besar ini juga mengingatkan tentang visi dan misi PT PLN (Persero) yang harus terus diingat dan dilaksanakan seluruh unsur di dalamnya.

“Visi yang telah dicanangkan PLN adalah menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara dan nomor satu pilihan pelanggan untuk solusi energi. Maka, semua perhatian dan energi kerja kita harus fokus dan diarahkan pada pencapaian visi yang mulia tersebut,” kata Dr Aqua.

Visi itu, kata doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut kemudian dijabarkan dalam beberapa misi yang harus dijalankan. Misi itu adalah menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham. Kemudian, menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Selanjutnya, mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi. Terakhir, menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Di sisi lain, Manajer PT PLN UP3 Pematang Siantar, Aji menuturkan dalam struktur PLN UP3 terdapat ULP atau Unit Layanan Pelanggan, dulu sebutannya Rayon atau Ranting. Sedangkan Di Unit Induk Wilayah Sumatera Utara terdapat 10 UP3, salah satunya UP3 Pematang Siantar yang membawahi 10 ULP.

Pihaknya, jelas Aji akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Untuk mencapai hal itu, PLN UP3 Pematang Siantar mendukung empat program direksi di UP3 Pematang Siantar.

Pertama, akan terus meningkatkan keandalan listrik. Kemudian, menambah pendapatan, salah satunya kerja sama dengan pemerintah daerah untuk percepatan penerimaan pajak di sektor Pajak Penerangan Jalan (PPJ).

Selain itu, juga ada Electrifying Lifestyle. Program ketiga berupaya keras dalam memanfaatkan peluang untuk meningkatkan penjualan dan meminimalkan pengeluaran dengan program BOSQUE. Jika penjualan naik, pendapatan pun akan naik, sehingga akan berdampak positif bagi kondisi keuangan perusahaan.

“BOSQUE memiliki 13 program, yakni ; 3 program kolaborasi, 6 program inovasi, 2 program quality, dan 2 program efisiensi. Sedangkan program keempat adalah meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dan ke depan semua pelayanan akan berbasis teknologi informasi (IT).

PLN UP3 Pematang Siantar mencakup sepuluh wilayah kerja yakni: Tebing Tinggi, Indrapura, Lima Puluh, Perdagangan, Tanjung Tiram, Kisaran, Tanah Jawa, Pematang Raya, Prapat dan Siantar Kota. Di dalamnya didukung oleh 334 personel yang terdiri dari 22 tim yang bekerja dengan roda empat, 24 tim reaksi cepat dengan kendaraan roda dua. (*)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim