Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Motivasi Generasi Muda Minang di Jatim - Tugujatim.id

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Motivasi Generasi Muda Minang di Jatim

  • Bagikan
Dr Aqua Dwipayana bersama tokoh Minang Firdaus Hasan Basri dan Surya Burhanuddin di Rumah Gadang Surabaya.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana bersama tokoh Minang Firdaus Hasan Basri dan Surya Burhanuddin di Rumah Gadang Surabaya.(Foto: Dokumen)

SURABAYA, Tugujatim – Sebagai orang yang berasal dari Minangkabau, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana merasa ikut bertanggung jawab memajukan generasi muda Minang. Terkait dengan itu, Senin malam ini (08/11/2021) Staf Ahli Ketua Umun KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu akan melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Rumah Gadang, Jalan Gayung Kebonsari Nomor 64 Surabaya, Jatim.

Temanya adalah “Kiat Silaturahim dan Komunikasi dengan Hati Bersih”. Pesertanya sekitar 100 orang yang berasal dari berbagai daerah di Jatim.

Dr Aqua Dwipayana bersama pengurus Gebu Minang Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Timur di Rumah Gadang Surabaya.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana bersama pengurus Gebu Minang Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Timur di Rumah Gadang Surabaya.(Foto: Dokumen)

Ketua Gebu Minang Dewan Perwakilan Wilayah Jatim Dr Sumarzen Marzuki dan Sekretarisnya Hifzon Djambek yang mengundang Dr Aqua untuk jadi narasumber pada acara tersebut.

Ide mengundang Dr Aqua di acara tersebut tercetus pada Senin malam (01/11/2021). Waktu itu di sela-sela menerima kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy di tempat yang sama, Sumarzen dan pengurus Gebu Minang Dewan Perwakilan Wilayah Jatim menyampaikan rencana tersebut.

Dr Aqua Dwipayana saat bicara di Rumah Gadang Surabaya disaksikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana saat bicara di Rumah Gadang Surabaya disaksikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.(Foto: Dokumen)

Selama ini mereka hanya tahu kiprah Dr Aqua dari berbagai aktivitasnya yang dimuat di banyak media. Belum pernah menghadiri Sharing Komunikasi dan Motivasinya secara langsung.

“Semoga Pak Aqua bersedia memenuhi undangan pengurus Gebu Minang Dewan Perwakilan Wilayah Jatim. Kami termasuk para generasi Minang di provinsi ini perlu mendapat motivasi dari bapak,” ujar Hifzon yang intens komunikasi sama Dr Aqua.

Menerima undangan tersebut, Dr Aqua menyatakan siap. Penulis buku “super best seller” yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” ini akan tampil optimal di acara Sharing Komunikasi dan Motivasi yang bakal dihadiri para orang Minang yang tinggal di Jatim tersebut.

“Insyaa Allah saya siap menghadiri acara Sharing Komunikasi dan Motivasi di Rumah Gadang yang dilaksanakan Gebu Minang Dewan Perwakilan Wilayah Jatim. Senin pagi saya ke Balikpapan untuk acara yang sama di Lanal Balikpapan. Sorenya saya langsung ke Surabaya,” pungkas Dr Aqua. Dia melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertema “Kiat Silaturahim dan Komunikasi dengan Hati Bersih”.

Lanal Balikpapan

Jadwal Dr Aqua padat sekali. Terutama untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Hal itu membuat penulis banyak buku “super best seller” ini harus bijak mengelola waktunya.

Contohnya adalah Senin (08/11/2021) ini. Pukul 02.00 dini hari tadi Dr Aqua sudah meninggalkan rumahnya di Bogor. Menuju Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Pukul 05.00 naik pesawat Lion Air JT 760 menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dr Aqua hanya sekitar tujuh jam di Balikpapan. Setelah semua acaranya selesai dan tuntas, anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) itu melanjutkan perjalanannya ke Surabaya.

Begitu mendarat di Balikpapan hanya istirahat sebentar. Setelah itu memulai Sharing Komunikasi dan Motivasi di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan. Komandannya Kolonel Laut (P) Siswo Widodo yang mengundang Dr Aqua untuk menjadi narasumber tunggal di acara tersebut.

Dr Aqua Dwipayana bersama Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana bersama Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo.(Foto: Dokumen)

Sebelumnya beberapa bulan lalu saat Dr Aqua silaturahim ke Siswo di rumah dinasnya, pria ramah itu mengatakan akan mengundang Dr Aqua untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada seluruh jajarannya dan istri.

“Semoga Pak Aqua berkenan memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para jajaran saya dan istri mereka. Insyaa Allah saya jadwalkan,” ujar Siswo.

Spontan Dr Aqua menjawab siap. Pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada 23 Januari 1970, itu sangat bersyukur dan senang mendapat undangan dari Siswo.

“Insyaa Allah saya siap memenuhi undangan Mas Siswo untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajaran Mas Siswo di Lanal Balikpapan. Syaratnya saya jangan diberi uang. Cukup didoakan agar selalu sehat dan dapat terus bermanfaat untuk banyak orang,” kata Dr Aqua.

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu selama ini setiap Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan TNI dan Polri selalu mensyaratkan hal tersebut. Merupakan komitmennya sebagai wujud mendukung peningkatan kualitas sumber daya prajurit, terutama di bidang komunikasi. Juga untuk menyemangati mereka agar terus semangat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya selalu memprioritaskan undangan dari TNI dan Polri. Apa pun akan saya lakukan untuk mendukung para personelnya agar mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan kompeten. Juga supaya tetap semangat menjaga keutuhan NKRI,” tegas Dr Aqua.

Dr Aqua Dwipayana memberikan buku karyanya kepada Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo. (Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana memberikan buku karyanya kepada Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo. (Dokumen)

Di Lanal Balikpapan, atas permintaan Siswo, acaranya bertajuk “Ruang Bincang Motivasi dari Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana”. Sedikitnya acara itu akan berlangsung minimal dua jam termasuk tanya-jawab.

“Saya membuat banner sebagai ruang serba guna kami, sehingga tidak membatasi dalam mengeksplor wawasan para prajurit. Juga untuk menembus batas ruang antara prajurit dengan lingkungan luar,” jelas Siswo yang mulai bertugas di Balikpapan pada Senin (22/03/2021).

Sapta Marga

Saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua akan menekankan pada beberapa hal. Diantaranya adalah konsistensi melaksanakan komitmen para prajurit.

Ada tiga komitmen yang harus selalu dipegang teguh dan dilaksanakan semua prajurit. Pertama adalah Sapta Marga.

Isinya ada tujuh poin penting yaitu:

1. Kami Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersendikan Pancasila.

2. Kami Patriot Indonesia, pendukung serta pembela Ideologi Negara yang bertanggung jawab dan tidak mengenal menyerah.

3. Kami Kesatria Indonesia, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta membela kejujuran, kebenaran, dan keadilan.

4. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia, adalah Bhayangkari Negara dan Bangsa Indonesia.

5. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia, memegang teguh disiplin, patuh dan taat kepada pimpinan serta menjunjung tinggi sikap dan kehormatan Prajurit.

6. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia, mengutamakan keperwiraan di dalam melaksanakan tugas, serta senantiasa siap sedia berbakti kepada negara dan bangsa.

7. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia, setia dan menepati janji serta Sumpah Prajurit.

Kedua adalah Sumpah Prajurit. Merupakan komitmen yang berisikan lima hal yaitu:

1. Setia kepada pemerintah dan tunduk kepada Undang-Undang dan Ideologi Negara.

2. Tunduk kepada hukum tentara.

3. Menjalankan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada tentara dan Negara Republik Indonesia.

4. Memegang teguh disiplin tentara berarti tunduk, setia, hormat serta taat kepada atasan dengan tak membantah perintah atau putusan.

5. Memegang segala rahasia tentara sekeras-kerasnya.

Sedangkan ketiga adalah Delapab Wajib TNI. Intinya selalu melaksanakan yang terbaik untuk rakyat.

Isi lengkapnya sebagai berikut:

1. Bersikap ramah tamah terhadap rakyat.

2. Bersikap sopan santun terhadap rakyat.

3. Menjunjung tinggi kehormatan wanita.

4. Menjaga kehormatan diri di muka umum.

5. Senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaannya.

6. Tidak sekali-kali merugikan rakyat.

7. Tidak sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat.

8. Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Selain itu, Dr Aqua akan menekankan agar seluruh prajurit profesional di bidang dan kecabangannya. Ini sangat penting agar optimal melaksanakan semua tugasnya.

Di samping itu sikapnya Selalu “SIP”. Itu merupakan singkatan dari Syukur, Ikhlas, dan Positif thinking atau berpikir positif.

“Melaksanakan semua aktivitas dengan hati dan hati-hati. Hal tersebut penting dilaksanakan agar seluruh hasil kerjanya optimal,” ungkap Dr Aqua.

Seusai acara di Balikpapan sebelum melanjutkan perjalanan ke Surabaya pada sore ini, Dr Aqua lebih dulu melaksanakan silaturahim ke teman-temannya. Hal tersebut kebiasaannya sejak dulu.

Setiap mengunjungi berbagai daerah, Dr Aqua selalu menyempatkan waktu silaturahim ke teman-temannya. Meski ketemunya hanya sebentar, namun manfaat yang dirasakannya cukup besar. (*)

  • Bagikan