Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Prestasi 4 Member Pondasi di Ajang AECOM

Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Prestasi 4 Member Pondasi di Ajang AECOM

  • Bagikan
Empat member Pondasi meraih prestasi di ajang AECOM, Thabed Tholib Baladraf (kiri), Muhammad Zulhamsyah (tengah), Keukeu Apriyanti Latifah dan Zainul Arifin (kanan)/tugu jatim
Empat member Pondasi meraih prestasi di ajang AECOM, Thabed Tholib Baladraf (kiri), Muhammad Zulhamsyah (tengah), Keukeu Apriyanti Latifah dan Zainul Arifin (kanan). (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal Maret 2020 hingga saat ini telah menjadi tantangan yang sedang dihadapi bersama. Wabah ini berdampak pada segala sektor, termasuk sektor pendidikan. Semasa pandemi siswa ataupun mahasiswa diharuskan belajar dari rumah demi mengurangi intensitas penularan virus asal China itu. Hal tersebut tentu berdampak pada semangat belajar siswa serta kualitas dan kuantitas pendidikan dalam negeri.

Di sisi lain, berbagai kesulitan semasa pandemi tidak menyurutkan semangat berprestasi para member Pondok Inspirasi (Pondasi). Terbukti dengan adanya 3 penghargaan yang berhasil diperoleh pada ajang nasional AECOM (Agriculture and Ecologist Competition) yang diadakan oleh Fakultas Pertanian, IPB University.

Pada kompetisi tersebut Pondok Inspirasi berhasil sabet 3 penghargaan yaitu, juara 1 lomba esai nasional oleh Thabed Tholib Baladraf, juara 2 lomba esai nasional, Zainul Arifin dan Keukeu Apriyanti Latifah, serta juara 3 lomba infografis nasional oleh Muhammad Zulhamsyah.

“Selama masa pandemi berada di Pondok Inspirasi banyak banget impact yang aku dapetin, mulai dari rohani yang semakin meningkat, challenge yang selalu diberikan oleh pembina, dan banyak banget progres tiap harinya untuk terus produktif dan mengasah skill. Di masa pandemi ini Pondok Inspirasi menjadi peluang tersendiri untuk terus berprestasi lebih banyak,” ucap Zulham dalam esi wawancaranya.

Beberapa ide yang dibawa oleh member Pondasi pada ajang AECOM kali ini dengan tema revolusi teknologi dan ilmu pengetahuan sebagai upaya pemulihan pasca pandemi. Ide-ide hebat yang dibawa di antaranya media pembelajaran daring untuk anak paud dan SD berbasis 3D di masa pandemi Covid-19 yang berbasis augmented reality. Kemudian, permen jelly berbahan dasar akar bajakah sebagai peningkat imunitas di masa pandemi, dan masker nanofilter berbasis membran biodegradable limbah tandan kosong kelapa sawit.

Perlu diketahui bahwa Pondasi adalah organisasi sosial pendidikan dan kepemudaan yang berdomisili di Bogor. Selain menjadi organisasi yang aktif di dunia kepenulisan ilmiah, organisasi ini juga menjadi salah satu komunitas terpilih dalam Community Challenge Kahf.

Ia terpilih untuk mengikuti Girl Leadership Program bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia. Kemudian, Young Business Hub di Turki, serta mengikuti YSEALI YOUnified 2020. Pondok Inspirasi juga mendapatkan tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021

  • Bagikan