Pastikan Keamanan Wisatawan, Damkar Inspeksi Sistem Pemadam Kebakaran Milik Hotel di Kota Batu - Tugujatim.id

Pastikan Keamanan Wisatawan, Damkar Inspeksi Sistem Pemadam Kebakaran Milik Hotel di Kota Batu

  • Bagikan
Petugas ketika melakukan pemeriksaan fasilitas pemadam kebakaran di Hotel Amarta Hills, Kota Batu, Selasa (11/5/2021). (Foto: M Sholeh/Tugu Jatim)
Petugas ketika melakukan pemeriksaan fasilitas pemadam kebakaran di Hotel Amarta Hills, Kota Batu, Selasa (11/5/2021). (Foto: M Sholeh/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id РDemi memastikan keamanan pengunjung hotel dan wisatawan di Kota Batu, menjelang Lebaran ini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu  bersama Komisi B DPRD Kota Batu menggelar inspeksi sistem keamanan untuk pemadaman kebakaran di hotel-hotel di Kota Batu.

Salah satu inspeksi terhadap fasilitas penunjang pemadam kebakaran di gedung dan bangunan hotel tersebut salah satunya digelar di Hotel Amarta Hills, Kota Batu, Selasa (11/5/2021).

Kepala Bidang Pemadaman, Penyelamatan, dan Sarana Prasarana DPKP Kota Batu, Santoso Wardoyo menuturka jika, pemeriksaan dilakukan pada setiap alat pemadam api ringan (APAR), hydrant, sprinkler, dan detector kebakaran.

“APAR yang kedaluwarsa harus segera dilakukan isi ulang dan harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada kami. Agar pengisian APAR benar-benar memenuhi standar,” ucapnya.

Masih Ditemukan Banyak Kerusakan

Disebutkan, pihaknya masih mendata temuan kerusakan atau yang perlu dilakukan perawatan dan perbaikan pada fasilitas pemadam kebakaran di hotel tersebut.

“Kami akan serahkan data itu kepada pihak manajemen hotel agar segera dapat dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Ketua Komisi B DPRD Kota Batu, Hari Danah Wahyono berharap, kegiatan inspeksi tersebut dapat dilakukan secara berkala agar gedung hotel di Kota Batu terjamin dari bahaya kebakaran.

“Kota Batu merupakan kota wisata yang banyak hotel-hotel bertingkat. Sehingga sangat perlu dipersiapkan keamanan dan kenyamanan untuk para pengunjung,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Manager Amarta Hills, Paulus Johan Setiawan mengatakan, pihaknya siap melakukan perbaikan fasilitas pemadam kebakaran hotel jika memang direkomendasikan.

“Sedangkan untuk selang hydrant, karena sudah berumur, maka akan langsung kami lakukan peremajaan. Agar dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan tamu serta karyawan,” ujarnya.

  • Bagikan