News  

Pelajar MAN 1 Pasuruan Juara Lomba Balap Robot Tingkat Asia Tenggara

Redha Khoirullah (kiri), pelajar MAN 1 Pasuruan bersama timnya berhasil jadi juara 1 di ajang International Robotic Competition.
Redha Khoirullah (kiri), pelajar MAN 1 Pasuruan bersama timnya berhasil jadi juara 1 di ajang International Robotic Competition. (Foto: Dokumen sekolah)

PASURUAN, Tugujatim.id – Berawal dari kecintaannya pada dunia sains dan robotik, Redha Khoirullah, remaja asal Kabupaten Pasuruan berhasil menorehkan prestasi di tingkat internasional. Pelajar MAN 1 Pasuruan itu berhasil membawa piala di ajang International Robotic Competition yang digelar di Universitas Indonesia, Jakarta pada April 2022 lalu.

Pelajar yang duduk di kelas 3 itu meraih juara 1 dalam kategori lomba balap cepat robot. Kepala MAN 1 Pasuruan, Nasrudin mengaku bangga karena Redha mampu bersaing mengalahkan puluhan beserta dari berbagai negara se Asia Tenggara.

Mengingat seluruh perakitan dan penyetelan robot wajib dilakukan di lokasi lomba, hal ini tentu menjadi tantangan sendiri bagi Redha untuk menguasai materi sekaligus mental.

“Robotnya harus bisa lari dengan kecepatan paling tinggi. Istilahnya balap robot. Alhamdulillah bisa menang jadi Juara satu,” ujar Nasrudin saat dikonfirmasi Minggu (07/08/2022).

Menurut Nasrudin, prestasi yang diraih anak didiknya ini jauh di luar ekspektasi yang dibayangkan pihak sekolah.
Pasalnya undangan lomba baru didapat sekolah hanya satu minggu sebelum perlombaan dimulai.

Pihak sekolah sempat kebingungan mencari kontingen lomba. Beruntungnya, Redha akhirnya mau menjadi satu-satunya murid yang mewakili MAN 1 di ajang perlombaan robot internasional tersebut.

“Redha ini anaknya pantang menyerah dan nggak cepat puas diri. Rata-rata anak robotika seperti itu, seperti menjadi ciri khasnya,” ungkapnya.

Nasrudin berharap prestasi gemilang yang diraih Redha bisa memotivasi teman dan adik tingkatnya. Mengingat siswa MAN 1 Pasuruan memang terkenal kerap menjadi juara di bidang robotik.

“Alhamdulillah regenerasu terus kita lakukan. Ada adik kelasnya yang bernama Nasirudin. Mudah-mudahan bisa seperti Redha,” pungkasnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim