Pembobolan Mesin ATM Bank Jatim Kepanjen Malang, Polisi Bekuk Pelaku asal Probolinggo

Mesin ATM. (Foto: Dok Polsek Kepanjen/Tugu Jatim)
Pelaku pembobol mesin ATM di Kepanjen, Kabupaten Malang, yang berhasil diamankan polisi pada Jumat (22/07/2022). (Foto: Dok Polsek Kepanjen)

MALANG, Tugujatim.id – Pelaku pencuri uang di mesin ATM di Kabupaten Malang makin nekat saja. Kini pembobol mesin ATM Bank Jatim di Jalan Kawi, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang melakukan aksinya pada Jumat dini hari (22/07/2022). Beruntung tak ada yang berhasil dibawa lari.

Aksi percobaan pencurian di mesin ATM ini diketahui seorang saksi yang akan mengambil uang. Saat masuk ruangan, dia melihat mesin ATM sudah dalam keadaan rusak karena dicongkel.

“Saat saya masuk, kondisi mesin ATM sudah dalam kondisi rusak bekas dicongkel,” ucap saksi saat dimintai keterangan oleh polisi pada Jumat (22/07/2022).

Mesin ATM. (Foto: Dok Polsek Kepanjen/Tugu Jatim)
Barang bukti mesin ATM di Kepanjen, Kabupaten Malang, yang rusak akibat dibobol pelaku pada Jumat (22/07/2022). (Foto: Dok Polsek Kepanjen)

Dia juga menemukan alat-alat yang diduga digunakan pelaku untuk merusak mesin ATM hingga berserakan. Di antaranya, satu buah pemotong besi, dua buah besi, dan barang pendukung lainnya. Pelaku juga meninggalkan sepeda motornya di lokasi kejadian.

Mengetahui hal tersebut, saksi dan satpam yang berada di sekitar lokasi langsung melapor ke Polsek Kepanjen.

“Tak membutuhkan waktu lama, pelaku berhasil ditangkap oleh tim gabungan Unit Reskrim Polsek Kepanjen dan Sat Reskrim Polres Malang pada pukul 05.00,” ujar Kasat Reskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara’langi.

Mesin ATM. (Foto: Dok Polsek Kepanjen/Tugu Jatim)
Barang bukti alat untuk merusak mesin ATM di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (22/07/2022). (Foto: Dok Polsek Kepanjen)

Pelaku diketahui berinisial RH, 32, warga kelahiran Kabupaten Probolinggo. Diketahui dia saat ini berdomisili di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Menurut keterangan pelaku, dia melancarkan aksinya seorang diri.

“Saat ini pelaku telah diamankan bersama barang bukti dan akan diproses hukum lebih lanjut,” kata Donny.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 Jo Pasal 53 KUHP tentang percobaan pencurian dengan pemberatan.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim