Pemenang Raka Raki Jatim 2021 Diminta Promosikan Wisata dan Edukasi Prokes

Pemenang Raka Raki Jatim 2021 Diminta Promosikan Wisata dan Edukasi Prokes

  • Bagikan
Muhammad Zainal Abidin (kiri) dan Friesta Yuvi, Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2021./tugu jatim
Muhammad Zainal Abidin (kiri) dan Friesta Yuvi, Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2021. (Foto: Instagram @Raka Raki Jawa Timur)

SURABAYA, Tugujatim.id – Muhammad Zainal Abidin asal Kabupaten Jember dan Friesta Yuvi asal Kabupaten Banyuwangi akhirnya terpilih sebagai pasangan Duta Pariwisata Raka Raki Provinsi Jawa Timur tahun 2021. Pelantikan keduanya dilakukan langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Ballroom Hotel Shangri-La Surabaya pada Selasa malam (26/10/2021).

Dalam acara itu juga hadir Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak, Forkopimda Provinsi Jatim, Perwakilan Kepala Daerah serta perwakilan Duta Pariwisata Raka Raki dari 34 Kabupaten dan Kota di Jatim.

Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan terima kasih atas kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan controllability yang terukur di semua dimensi sehingga Jatim dapat menjadi tuan rumah acara duta pariwisata ini.

Secara khusus Khofifah menyerahkan uang pembinaan sebesar Rp 7 juta, trofi, piagam penghargaan dan selempang kemenangan pada Zainal Abidin dan juga Friesta Yuvi.

Mantan Mensos tersebut berpesan agar Raka Raki Jatim 2021 siap untuk mempromosikan dan meningkatkan pariwisata di Jatim pasca pandemi. Pesan itu, tidak hanya ditujukan pada pemenang namun juga pada 34 finalis.

Tidak sekadar menjadi duta wisata dan ekonomi kreatif, melainkan juga mampu menjadi duta edukasi bagaimana menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang baik di setiap lini.

“Saya berharap para pemenang nanti tak hanya sekedar menjadi duta wisata, namun juga menjadi duta ekonomi kreatif dan duta sosialisasi protokol kesehatan di lini masing-masing saat terpilih sebagai Raka Raki Jatim 2021,” jelas Khofifah dilansir dari TribunJatim.

Dengan demikian, sektor pariwisata kembali dibuka sehingga roda perekonomian mengalami peningkatan tetapi protokol kesehatan tetap terjaga dengan baik.

“Saya berharap seluruh industri wisata dan ekonomi kreatif di Jatim termasuk yang berjejaring dengan industri kreatif, tetap semangat membangun sinergitas di Jatim sehingga tetap dalam proses untuk memberseiringkan optimisme di tengah upaya pengendalian Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu Plt. Kadisparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, mengaku bangga atas capaian yang diraih perwakilan Duta Wisata daerahnya.

“Mewakili Bapak Bupati Malang dan Masyarakat Kabupaten Malang, saya ucapakan selamat kepada Joko Andre dan Roro Venska, atas prestasi yang diraih di ajang Duta Wisata Raka Raki Jatim 2021. Tentunya mereka berdua akan mempunyai tugas baru kedepannya untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Jawa Timur juga Kabupaten Malang,” ucapnya dilansir dari Instagram @disparbudkabmalang.

Dari penilaian para juri, para pemenang yakni Wakil III Raka diraih oleh Raka Kabupaten Malang Andre Saputra dan Raki Kabupaten Sumenep Riska Amaliyah. Wakil II Raka Raki Jatim 2021 diraih oleh Raka Kabupaten Pasuruan Eka Ardiansyah dan Raki Kota Malang Arista Damelia. Wakil I Raka diraih oleh Raka Kota Malang Billy Irsando S dan Raki Kabupaten Malang Venska Natasha Olivia Wijanarko.

  • Bagikan