Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan SAKIB dan RB Award 2021

Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan SAKIB dan RB Award 2021

  • Bagikan
Kepala daerah menerima penghargaan SAKIP dan RB dari KemenpanRB Selasa (05/04/2022) di Jakarta.
Kepala daerah menerima penghargaan SAKIP dan RB dari KemenpanRB Selasa (05/04/2022) di Jakarta. (Sumber: Istimewa)

BOJONEGORO, Tugujatim.idPemkab Bojonegoro mendapat penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (SAKIP dan RB) Award 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Selasa (05/04/2022) di Jakarta.

Selain Bojonegoro, ada 43 perwakilan dari instansi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota penerima penghargaan secara langsung.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, yang hadir langsung dalam penyerahan SAKIP tahun 2021.

“Alhamdulillah tahun ini kami mendapatkan nilai predikat B. Kami pacu lagi kinerja kami, terus berbenah menuju terciptanya birokrasi yang good and clean government,” terangnya.

Penghargaan ini merupakan capaian Pemkab Bojonegoro dalam hal akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi.

Piagam penghargaan yang diterima Pemkab Bojonegoro. (Foto: Istimewa)

Sementara, Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto menyebut, penyerahan hasil evaluasi dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahan.

Selain itu, penyerahan penghargaan merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah. Tujuannya untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa reformasi birokrasi telah memiliki hasil yang nyata.

“SAKIP itu tentang perencanaan yang baik, menyusun sasaran kinerja, dan merencanakan program kegiatan, serta penggunaan anggarannya,” terang Erwan.

Erwan turut mendorong agar seluruh instansi pemerintah dan aparatur sipil negara (ASN) harus mengubah mindset bekerja dari mental menghabiskan anggaran menjadi mental memberi manfaat dari hasil kerja yang dilakukan. Menurutnya instansi pemerintah perlu secara terstruktur bekerja untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia yang lebih maju.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan