Pemkab Malang Ajak Dewan Alihkan Anggaran Perdin untuk Mobil Oksigen Keliling - Tugujatim.id

Pemkab Malang Ajak Dewan Alihkan Anggaran Perdin untuk Mobil Oksigen Keliling

  • Bagikan
Ilustrasi penyaluran oksigen di mana tabung oksigen kini banyak dicari oleh pasien Covid-19. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim) pemkab malang
Ilustrasi penyaluran oksigen di mana tabung oksigen kini banyak dicari oleh pasien Covid-19. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tengah mengupayakan realisasi penyediaan mobil oksigen keliling. Salah satunya caranya dengan mengajak DPRD Kabupaten Malang untuk mengalihkan anggaran Perjalanan Dinas (Perdin) ke penyediaan mobil oksigen keliling untuk masyarakat.

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subtoro menjelaskan, pihaknya bersama Bupati Malang telah berkoordinasi dan menyampaikan usulan tersebut kepada Ketua DPRD Kabupaten Malang.

“Alhamdulillah DPRD sudah bersepakat akan mengalihkan Perdinnya sekitar Rp 5,5 hingga Rp 6 miliar itu untuk persiapan penyediaan mobil oksigen. Agar kelancaran distribusi oksigen bisa kita siapkan,” ujarnya.

Didik yang juga sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang juga telah mengajak anggota fraksi PDIP DPRD Kabupaten Malang untuk turut serta mendukung usulan tersebut. Dengan demikian, anggaran Perdin tersebut dapat dioptimalkan untuk penanganan Covid-19.

“Harapannya ketika dana itu sudah dibelanjakan untuk mobil oksigen maka sesegera mungkin, masalah distribusi dan kekurangan oksigen di Kabupaten Malang setidaknya bisa terbantu,” paparnya.

Menurutnya, Pemkab Malang juga akan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sebagai operator dalam program mobil oksigen keliling itu. Sehingga layanan pengisian oksigen tersebut dapat tersalurkan dengan optimal.

“Tentu wilayah Malang yang cukup besar ini tentunya nanti juga ada operator yang mengisikan. Sehingga masyarakat bisa terlayani kebutuhannya dengan baik,” imbuhnya.

Disebutkan, pihaknya akan menunjuk BPBD Kabupaten Malang sebagai pelaksana operasional mobil oksigen keliling tersebut. Selain itu, pihaknya juga terus membangun kepedulian pihak lain untuk mendukung realisasi program ini.

“Kita mempersiapkan minimal ada dua atau tiga mobil untuk mobil oksigen keliling ini. Kita sudah ada 24 tabung oksigen dan juga sudah ada satu mobil pinjaman yang akan kita gunakan untuk mobil oksigen keliling ini,” paparnya.

Dia menambahkan, Pemkab Malang juga akan menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) Kabupaten Malang untuk biaya operasional mobil oksigen keliling itu jika memang diperlukan.

  • Bagikan