Pemkab Malang Bakal Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di Singosari

  • Bagikan
Bupati Malang Muhammad Sanusi saat menjelaskan wacana PLTS di Singosari. (Foto: Rap/Tugu Jatim)
Bupati Malang Muhammad Sanusi saat menjelaskan wacana PLTS di Singosari. (Foto: Rap/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memiliki rencana untuk membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS). Namun, rencana tersebut ternyata belum bisa dipastikan kapan bakal terealisasi.

“Pembangunan PLTS itu masih dalam wacana dan perencanaan, saat ini masih dalam pembicaraan,” terang Bupati Malang Muhammad Sanusi saat menghadiri Hari Peduli Sampah Nasional di TPA Talangagung pada Selasa (02/03/2021).

Namun, Sanusi memastikan jika pihaknya sudah menyiapkan lahan pembangunan PLTS di Singosari.

“Kami sudah siapkan lahannya di Randu Agung, Singosari, sesuai kebutuhan ini masih dalam tahap pembicaraan untuk berapa (luas) butuhnya nanti kami penuhi,” tegasnya.

Namun, dia belum bisa memastikan kapan pembangunan PLTS tersebut karena menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

“Targetnya tergantung pusat,” ucap alumnus Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran ini singkat.

Lebih lanjut, Sanusi mengaku bahagia melihat anak-anak muda generasi milenial yang peduli terhadap kelestarian lingkungan dalam acara tersebut.

“Kami bersyukur bahwa anak milenial yang diprakarsai Generasi Milenial Ngalam Creative (GMNC) untuk menggugah para pemuda ikut berpartisipasi memanfaatkan sampah agar memberikan nilai lebih,” ungkapnya.

“Jadi, TPA di Talangagung ini bisa dijadikan tempat wisata dan gas metan yang bisa dimanfaatkan untuk seluruh desa,” sambungnya. (rap/ln)

 

  • Bagikan