News  

Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 4,1 Miliar untuk Pilkades Serentak Maret 2022

Ilustrasi pelaksanaan Pilkades Kabupaten Pasuruan periode sebelumnya pada tahun 2019
Ilustrasi pelaksanaan Pilkades Kabupaten Pasuruan periode sebelumnya pada tahun 2019. (Foto: Dokumen/Humas Pemkab Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Pasuruan siap digelar pada bulan Maret 2022 mendatang. Pemkab Pasuruan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,1 miliar untuk pembangunan TPS di 54 desa se-Kabupaten Pasuruan.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, mengungkapkan pihaknya harus melakukan penambahan TPS karena untuk mencegah terjadinya kerumunan saat pencoblosan.

“Satu TPS idealnya diperuntukkan untuk 500 pemilih suara. Dengan total 54 desa yang menggelar Pilkades. Oleh karenanya untuk menyukseskan Pilkades, kita siapkan dana hingga Rp 4,1 miliar,” ungkap Gus Irsyad, Minggu (30/1/2022).

Gus Irsyad menyatakan warga bisa menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos para calon kepala desa pada Rabu (23/3/2022) mendatang. Adik kandung Gus Ipul ini juga menegaskan bahwa Pilkades serentak Kabupaten Pasuruan tidak boleh memunculkan kluster Covid-19 baru.

Oleh karenanya, dia menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat untuk panitia dan calon peserta Pilkades. Mereka wajib vaksin minimal dosis 2 bahkan kalau memungkinkan sudah divaksin booster.

“Wajib sudah vaksin dosis 2 dosis 1. Kalau bisa panitia dan peserta Pilkades yang jarak vaksinnya sudah 6 bulan bisa vaksin booster,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bakti Jati Permana menjelaskan seluruh tahapan persiapan Pilkades akan diselesaikan selama bulan Februari 2022.

“Ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan, seperti foto id card panitia hingga test baca tulis kitab suci untuk calon Kades. Semuanya dilaksanakan di bulan Februari,” pungkasnya.