Pemkab Tuban Bakal Resmikan Tokoh Sugondo Djojopuspito Jadi Pahlawan Nasional - Tugujatim.id

Pemkab Tuban Bakal Resmikan Tokoh Sugondo Djojopuspito Jadi Pahlawan Nasional

  • Bagikan
Wakil Bupati Tuban H. Riyadi saat tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ronggolawe Tuban, Rabu (10/11/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Wakil Bupati Tuban H. Riyadi saat tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ronggolawe Tuban, Rabu (10/11/2021). (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Pemkab Tuban terus berupaya untuk menginventarisasi dan mengidentifikasi dokumen pendukung serta catatan untuk mengusulkan tokoh Sugondo Djojopuspito menjadi pahlawan nasional. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Tuban H. Riyadi saat momentum Hari Pahlawan Nasional di Taman Makam Pahlawan Ronggolawe Tuban, Rabu (10/11/2021).

Menurut dia, sosok Sugondo Djojopuspito yang menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Tuban, di mana dia mampu merangkul seluruh pemuda Indonesia saat itu untuk menggelorakan semangat nasionalisme.

“Jiwa pahlawan yang mengalir di darah kita, harus tetap digelorakan masyarakat, utamanya generasi muda Kabupaten Tuban,” tegas Riyadi.

Kapolres Tuban AKBP Darman saat bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangka Hari Pahlawan di halaman Kantor Pemkab Tuban, Rabu (10/11/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Kapolres Tuban AKBP Darman saat bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangka Hari Pahlawan di halaman Kantor Pemkab Tuban, Rabu (10/11/2021). (Foto: Dokumen)

Pria yang akrab disapa Kang Riyadi ini mengungkapkan, peringatan Hari Pahlawan juga menjadi momentum untuk merenungi pesan perjuangan yang dititipkan. Selaras dengan tema tahun ini “Pahlawanku Inspirasiku”, seluruh masyarakat Kabupaten Tuban diharapkan agar meneladani perjuangan pahlawan yang ikhlas mencurahkan jiwa raganya.

“Jadikan perjuangan pahlawan sebagai inspirasi untuk mengabdi dan memenuhi kesejahteraan masyarakat,” serunya.

Kang Riyadi menekankan peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum mengenang perjuangan para pendahulu, pahlawan, dan pemimpin sebelumnya. Tonggak sejarah yang ditancapkan hendaknya dapat diteruskan dengan mewujudkan cita-cita para pendahulu. Cerminan sikap tersebut di antaranya dengan memberikan sumbangsih sesuai dengan kompetensi masing-masing bagi bangsa Indonesia, khususnya di Kabupaten Tuban.

“Kami berdoa bersama-sama. Semoga perjuangan yang telah dilalui menjadi ladang ibadah,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Darman yang membacakan amanat Menteri Sosial RI menyatakan semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan harus dapat menginspirasi dan menggerakkan masyarakat untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas.

Peringatan Hari Pahlawan hendaknya dipandang sebagai momen untuk saling menguatkan, bahu-membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab, serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan pahlawan.

Dia menyerukan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di tiap langkah penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apa pun, mulai dari menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarga dan komunitasnya.

“Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di tiap langkah kehidupan kita,” tandas Kapolres Tuban AKBP Darman saat memimpin upacara dalam rangka Hari Pahlawan di halaman Kantor Pemkab Tuban.

  • Bagikan