News  

Pemkot Batu Mulai Fokus Pemulihan Lingkungan demi Dongkrak Sektor Wisata

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat memaparkan upaya pemulihan lingkungan hidup di Kota Batu, Selasa (8/6/2021). (Foto: M Sholeh/Tugu Jatim)
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat memaparkan upaya pemulihan lingkungan hidup di Kota Batu, Selasa (8/6/2021). (Foto: M Sholeh/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu mulai serius demi membangkitkan serta meningkatkan sektor perekonomian di bidang pariwisata. Salah satunya yakni melalui pemulihan keasrian dan kelestarian lingkungan hidup di Kota Batu.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menuturkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Batu sebelum pandemi mencapai 6,4 persen. Namun, saat pandemi pertumbuhan ekonomi Kota Batu terkoreksi minus 6,5 persen pada semester pertama.

Sementara saat ini, menurutnya, keasrian, kebersihan, dan kenyamanan Kota Batu mulai menurun lantaran tingginya keberadaan sampah terutama di aliran-aliran sungai. Harapannya, dengan pemulihan kembali lingkungan hidup di Kota Batu, pihaknya berharap hal tersebut juga bisa menarik wisatawan untuk datang dan betah tinggal di Kota Batu.

Minta Masyarakat Tak Buang Sampah Sembarangan

“Namun untuk menuju ke sana bukan suatu hal yang mudah dan cepat. Untuk itu, kepedulian masyarakat terhadap ketaatan membuang sampah pada tempatnya harus ditingkatkan,” ucapnya. Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, upaya pembersihan sampah terutama di sungai sudah dilakukan secara rutin. Namun hal itu masih belum bisa memastikan lingkungan hidup bebas dari sampah.

“Memang ternyata masih banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai. Tapi kita tidak boleh putus asa demi kelestarian sungai demi anak cucu kita. Generasi penerus juga harus terus kita edukasi untuk bisa menjaga bumi Indonesia tetap hijau,” paparnya.

Pihaknya juga telah mengupayakan pengurangan sampah melalui pengelolaan sampah. Selain itu, penanaman pohon juga terus digencarkan demi meningkatkan keasrian Kota Batu.

“Insyaallah, kalau lingkungan baik maka ekonominya juga baik,” harapanya.

“Mudah mudahan masyarakat tidak memandang sebelah mata kelestarian lingkungan. Masyarakat diharapkan lebih bijaksana dalam menggunakan plastik dan selalu berkontribusi menjadikan lingkungan hidup lebih baik,” pungkasnya.