Pemkot Kediri Dirikan SMP Baru dengan Anggaran Rp 25 Miliar - Tugujatim.id

Pemkot Kediri Dirikan SMP Baru dengan Anggaran Rp 25 Miliar

  • Bagikan
Patok lahan aset Pemkot Kediri yang akan dibangun SMP baru di Dusun Dadapan, Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren Kota Kediri.
Patok lahan aset Pemkot Kediri yang akan dibangun SMP baru di Dusun Dadapan, Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren Kota Kediri. (Foto: Pipit syahrodin/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim.id Pemerintah Kota Kediri berencana membangun Sekolah Menengah Pertama (SMP) baru di Kecamatan Pesantren. Proyek sekolah yang akan berlokasi di Dusun Dadapan, Kelurahan Tinalan itu akan menelan anggaran sekitar Rp 25 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Siswanto, mengatakan pembangunan tersebut bertujuan untuk pemerataan pendidikan di Kota Kediri. Pembangunan sekolah di Kecamatan Pesantren tersebut merupakan hal yang mendesak. Saat ini, di Kecamatan Pesantren hanya terdapat 1 SMP Negeri dan 4 SMP Swasta.

“Jadi untuk menyukseskan pendidikan dan meningkatkan pelayanan, program Pemerintah Kota Kediri adalah menambah satu lembaga yaitu SMP 9 Kota Kediri,” ungkanya.

Menurut Siswanto, rencana pembangunan tersebut diperkirakan akan selesai pada tahun ini. Sementara jangka waktu pembangunan gedung diperkirakan selama 6 bulan pengerjaan.

“Saat ini sudah selesai tahap perencanaan, minggu depan akan masuk lelang,” katanya.

Adapun pembukaan penerimaan siswa baru untuk SMP 9 akan dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Namun, untuk sementara siswa akan dititipkan di SMP 5 Kota Kediri. Proyek yang akan ditempakan di lahan seluas 36.035 meter per segi itu akan dibangun gedung 5 kelas dengan kapasitas 150 siswa.

Dengan adanya sekolah baru ini, diharapkan anak-anak di Kecamatan Pesantren tidak perlu ke kota untuk sekolah kerena sudah ada 2 SMP negeri di daerahnya.

“Insyaallah, tahun depan siswa SMP 9 Kota Kediri sudah dapat menempati gedung sekolah baru, jadi warga tidak usah ke kota,” pungkasnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

  • Bagikan