News  

Pemkot Malang Launching Vaksinasi Anak, Target Awal Januari Rampung 76 Ribu Sasaran

Vaksinasi anak. (Foto: Rubianto/Tugu Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji meninjau vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN Model Kota Malang, Senin (20/12/2021). (Foto: Rubianto/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Pemkot Malang resmi me-launching program vaksinasi anak usia 6-11 tahun pada Senin (20/12/2021). Sasaran vaksinasi Covid-19 ini adalah 76 ribu anak di Kota Malang.

“Target di awal Januari, harapan kami dari sasaran 76 ribu anak itu sudah tersasar vaksin semua. Baik anak di sekolah formal, non formal, atau mungkin yang belum sekolah,” ujar Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau vaksinasi di SDN Model Kota Malang, Senin (20/12/2021).

Menurut dia, mayoritas anak usia 6-11 tahun di Kota Malang sudah mengenyam pendidikan. Dia menyebutkan, 99,9 persen anak usia 6-11 tahun di Kota Malang sudah bersekolah, baik formal maupun non formal.

“Kalau yang belum sekolah itu nanti melalui kelurahan. Nanti vaksinasi anaknya di puskesmas terdekat, daftarnya lewat RT-RW,” jelasnya.

Vaksinasi anak. (Foto: Rubianto/Tugu Malang)
Siswa usia 6-11 tahun di SDN Model Kota Malang menjalani vaksinasi Covid-19 tampak rileks pada Senin (20/12/2021). (Foto: Rubianto/Tugu Malang)

Untuk vaksinasi anak ini harus mendapatkan persetujuan dari para orang tua. Sutiaji juga menyampaikan pihaknya hingga saat ini belum menemui orang tua anak yang menolak vaksinasi. Dia mengatakan akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk memastikan ketersediaan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menambahkan, di hari pertama launching vaksinasi anak, Pemkot Malang menargetkan bisa menyalurkan 4.700 dosis vaksin.

Di hari pertama ini, pihaknya telah menyiapkan tenaga kesehatan dari 16 puskesmas di Kota Malang. Di mana setiap puskesmas akan menyalurkan vaksin di satu sekolah.

“Untuk besok, satu puskesmas bisa menyalurkan ke 2-3 sekolah. Jadi yang melaksanakan itu semua dikoordinasi oleh Dinkes Kota Malang. Ada 16 puskesmas dan sentra vaksin di RSI Unisma dan Polkesma,” jelasnya.

Husnul mengatakan, bagi anak yang belum mengenyam pendidikan maka pendaftarannya bisa melalui RT-RW, kelurahan, atau kecamatan. Kemudian pelaksanaan vaksinasinya akan dilakukan di puskesmas terdekat.

“Untuk stok persediaan vaksin di Dinkes Kota Malang, kami masih ada 70 ribu vaksin sinovac untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini. Jadi, dengan stok itu masih aman untuk menyasar target kami,” ujarnya.