Penyembelihan Hewan Kurban Bertahap, Jasa Jagal RPH Pegirian Surabaya Naik Dua Kali Lipat - Tugujatim.id

Penyembelihan Hewan Kurban Bertahap, Jasa Jagal RPH Pegirian Surabaya Naik Dua Kali Lipat

  • Bagikan
Ilustrasi penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha. (Foto: Pexels)

SURABAYA, Tugujatim.id – Di tengah penerapan PPKM Darurat, dalam penerapan Hari Raya Idul Adha 1442 H upaya rumah pemotongan hewan (RPH) Pegirian Surabaya melakukan pemotongan hewan secara bertahap. Plt Dirut RPH Pegirian M. Faiz menegaskan, untuk hari ini (20/07/2021) pihaknya akan menyembelih hewan kurban sebanyak 68 ekor sapi dan 30 ekor kambing. Hal itu dia mulai sejak pukul 07.00 WIB.

“Sudah dilangsungkan sejak pukul 07.00,” terangnya Selasa (20/07/2021).

Selain itu, pada Rabu (21/07/2021), penyembelihan hewan kurban yang masih belum dilaksanakan akan dilanjutkan. Ada 82 sapi yang akan dipotong. Sedangkan untuk jumlah kambing, pihaknya masih menghitung, menunggu jumlah yang pasti untuk disembelih besok.

Kemudian untuk waktu pelaksanaan penyembelihan akan dimajukan, Faiz menjelaskan, dari yang sebelumnya pada 07.00 WIB, menjadi pukul 05.00 WIB. Hal itu dilakukan agar proses penyembelihan tidak memakan waktu hingga sore atau malam hari.

“Pukul 13.00-14.00 harus sudah selesai, pengemasan pukul 15.00-16.00. Hari selanjutnya (Kamis) memotong sekitar 70 ekor hewan kurban,” lanjutnya.

Pembatasan jadwal pemotongan yang dilakukan untuk menjaga kondisi dari para petugas, Faiz menambahkan, setelah melakukan pemotongan hewan, para jagal diberi waktu rehat untuk menjaga imunitas dan kesehatannya.

“Jadi kan masih pandemi (Covid-19, red), kami ingin jagal tetap sehat dan gak ada yang sakit. Habis proses pemotongan selesai, mereka langsung istirahat,” terangnya.

Sedangkan untuk jumlah masyarakat yang memercayakan pemotongan hewan kurban kepada pihak RPH pun mengalami peningkatan. Jika di momen Hari Raya Idul Adha 2020, jumlah hewan kurbannya 100 ekor, tahun 2021 ini angkanya meningkat menjadi 210 ekor. Naik dua kali lipatnya.

“Naik 100 persen. Itu di luar penyembelihan reguler,” ujarnya.

  • Bagikan