Peringatan HUT Ke-108, Kota Malang Siap Jadi Kota Metropolitan Berbasis Budaya - Tugujatim.id

Peringatan HUT Ke-108, Kota Malang Siap Jadi Kota Metropolitan Berbasis Budaya

  • Bagikan
Kota Malang. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Sinergi Pemkot Malang bersama DPRD Kota Malang pada Kamis (31/03/2022). (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Suasana yang berbeda tampak tersaji saat jajaran eksekutif dan legislatif menggelar Rapat Paripurna DPRD Kota Malang terkait Peringatan HUT ke-108 Kota Malang pada Kamis (31/03/2022). Sebab, semua yang hadir mengenakan pakaian adat malangan.

Kegiatan yang dihadiri Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, hingga jajaran forkopimda ini dibuka dengan persembahan paduan suara dari siswi SMPN 3 dan tarian tradisional dari SMPN 4 Kota Malang.

Kota Malang. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Logo HUT ke-108 Kota Malang. (Foto: Dokumen)

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengatakan, HUT Kota Malang ke-108 ini sebagai pijakan. Sebab, perayaan ini juga bertepatan dengan pengajuan rancangan peraturan daerah (ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Peringatan (HUT) ini kebetulan ada pengajuan ranperda perubahan tata ruang wilayah di Kota Malang. Ini dijadikan pijakan Kota Malang mau dibawa ke mana,” ujarnya.

Kota Malang. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Wali Kota Malang Drs H. Sutiaji bersama Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika saat dorstop. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

Dia berharap, Kota Malang dapat segera menjadi kota metropolitan yang berbasis budaya. Terutama, dengan kepopuleran Kota Malang sebagai Kota Wisata, Pendidikan, dan Kebudayaan.

“Ini bukan suatu yang mustahil untuk dicapai. Kami siap menjadi penyangga Jatim lewat Kota Malang sebagai kota kedua metropolitan setelah Surabaya,” tegasnya.

Kota Malang. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Foto bersama jajaran eksekutif dan legislatif. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

DPRD juga tengah bersiap untuk menganggarkan perbaikan infrastruktur untuk segera mengatasi permasalahan jalan berlubang dan banjir.

“Semua itu menjadi masukan dan sebentar lagi kami ada pelemparan UAPPS APBD 2023. Setelah itu ada APBD, perubahan APBD 2023. Di sinilah kesempatan kami untuk menganggarkan perbaikan infrastruktur yang diperlukan,” sambungnya.

Dia melanjutkan soal kasus banjir yang terjadi di Kota Malang harus segera teratasi.

Kota Malang. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan arahan dalam Rapat Paripurna beragendakan Peringatan HUT Ke-108 Kota Malang. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

“Sudah jelas, masalah mendasar banjir harus segera kami atasi. Kami menginginkan APBD 2023 sifatnya prioritas jangan diecer-ecer, tapi fokus pada yang harus diselesaikan sampai tuntas,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan, HUT kali ini merupakan sebuah keistimewaan setelah dua tahun belakangan terjebak di tengah pandemi Covid-19. Hal ini seiring dengan banyaknya capaian kemajuan pembangunan yang terus meningkat. Mulai dari segi perekonomian, kesehatan, hingga pendidikan.

Kota Malang. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Tarian tradisional dari siswi SMPN 3 Kota Malang menjadi pembuka kegiatan.(Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

“Kami berkeyakinan mampu mewujudkan Kota Malang bermartabat,” paparnya.

Untuk lima prioritas pembangunan di Kota Malang tahun 2023, seperti pemenuhan target kinerja penyelenggaraan daerah, penguatan branding Kota Malang, penuntasan masalah utama (banjir, kemacetan, dan pengangguran), penguatan ketahanan sistem kesehatan masyarakat pascapandemi, dan aktivasi perluasan ekosistem ekonomi kreatif dan smart city.

Sutiaji menambahkan, semakin diteguhkan melalui tema HUT yakni kolaborasi, akselerasi, dan bangkit bersama.

“Semua akan terwujud dengan komitmen, bukan hanya ucapan tapi tindakan. Kolaborasi dan akselerasi menjadi kunci. Tentu DPRD punya 3 fungsi legislasi, pengawasan, dan budgeting terus memberikan kontribusi,” ujarnya. (ads)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan